2 Cara Mudah Mengedit karakter (Tulisan) di Word

    Dokumen yang Anda kerjakan banyak kesalahan? Salah memasukkan data pada dokumen microsoft Word Anda?
    Pernah mendapati atau menghadapi dokumen yang ingin Anda ganti bagian kalimat atau kata tertentu di dalamnya?
    Bila iya, artikel berikut ini akan sangat membantu Anda agar dapat dengan cepat mengubah kata atau kalimat dari dokumen word Anda.

    Pertanyaan tersebut sering menjadi pertanyaan umum para pemula. Walaupun demikian, bukan berarti para senior tidak memerlukan bila ada informasi tentang “Bagaimana cara memperbaiki penulisan kata yang salah” di Word.

    Searas dengan pertanyaan tersebut di atas, berikut dipaparkan beberapa tips dan triknya dalam memperbaiki penulisan atau ketikan yang keliru di microsoft office word. Tips ini khusus diperuntukkan bagi para pemula.

    Catatan: dalam tulisan ini karakter adalah: angka, huruf atau tanda baca lainnya).

    1. Menghapus karakter dengan tombol “DEL atau BACKSPACE.

      Ini cara yang sederhana dalam mengedit atau memperbaiki tulisan yang salah di Word. Tombol Del, bila diaplikasikan (dipencet) akan menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor, Ini perlu diperhatikan, Tombol Del digunakan bila ingin menghapus 1 atau lebih karakter di sebelah kanan kursor.
      Bagaimana kalo menghapus karakter di sebelah kiri kursor. Untuk perlakuan ini gunakanlah tombol Backspace. Tombol ini jika diaplikasikan akan menghapus 1 karakter di sebalah kiri kursor. Nah. Pahamkan?

    2. Edit Tulisan/karakter di Word
      Mengedit karakter di Word
    3. Seleksi/Block dan Del atau backspace

      Bila ingin menghapus karakter yang lebih dari satu, bisa berbentuk kata ataupun kalimat, bisa dilakukan dengan tombol Del dan Backspace sampai semua karakter yang menyusun kata tersebut terhapus. Bisa juga dengan mengkombinasikan antara “seleksi atau block” dengan tombol Del maupun Backspace.

      Maksudnya bagaimana? Maksudnya, diseleksi/diblock dulu kata/kalimat yang ingin kita hapus kemudian tekan tombol Del atau Backspace.

    4. Seleksi/Block + karakter

      Bisa juga begini, setelah kata/kalimat tersebut terseleksi-diblock, langsung mengetikkan karakter yang ingin dibuat. Seperti terlihat pada gambar di samping. “tekz atu” yang sudah diblock langsung diketik perbaikannya menjadi “teks atau” tanpa memencet tombol del atau backspace terlebih dahulu.

    5. Ctrl + Del atau Backspace

      Dapat pula, kita mengkombinasikan shortcut yaitu : (1) ctrl + del dan (2) ctrl + backspace.
      Yang pertama dipergunakan untuk menghapus satu kata di sebelah kanan cursor. Bila ingin menghapus lebih dari satu kata, ulangi short ctrl + del sesuai kebutuhan.
      Yang kedua, dipergunakan untuk menghapus satu kata yang berada di depan cursor. Begitu pula bila ingin menghapus lebih dari satu kata, ulangi shortcut ctrl + backspace, sesuai kebutuhan

    6. Edit Tulisan di Word
      Edit Karakter di Word

    Replace

    Fitur replace yang ada pada Office Word dapat difungsikan untuk mengedit tulisan, baik phrase maupun kata. Teknik ini dapat difungsikan untuk mengubah sebuah kata atau phrase tertentu pada seluruh isi dokumen. Cara penggunaannya sangat mudah.

    cara mudah edit karakter/tulisan di word
    Cara Edit Tulisan di Word
    1. Klik Home pada deretan menu bar. Kemudian pada kelompok editing yang posisinya di ujung kanan bilah ribbon, pilih Replace Bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + h untuk membuka topup replace.
    2. Ketiklah kata dan prase yang ingin diganti pada kolom find what dan masukkan kata penggantinya pada kolom replace what
    3. Bila ingin mengubah satu per satu klik replace, dan apabila ingin mengubah semua kata atau prase yang ada pada dokumen tersebut, kliklah replace all

    Teknik replace ini dapat diterapkan pada semua versi microsoft office word®. Tidak hanya pada word saja, Powerpoint dan excel pun teknik ini dapat diaplikasikan.

    Bagaimana?
    Mudah-mudahan bisa membantu. Bila ada yang ingin ditanyakan, silakan masukkan di kotak komentar.
    Sekian.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......