Mengenal Formula Operasi Sum, Average, Max dan Min di Word

    Mengenal formula di Microsoft Office Word pada pembahasan kita kali ini merupakan penjelasan tentang operasi-operasi yang didukung dalam formula di Microsoft Word, khususnya yang berkenaan dengan data-data yang ditampilkan dalam bentuk tabel.

    Pada kesempatan yang lalu kita sudah pernah memposting tentang menjumlahkan angka-angka data tabel. Nah. masih sejurus dengan postingan tersebut, pada postingan kita kali ini mencoba lebih detail lagi tentang formula yang disinggung di postingan terdahulu tersebut.

    Pada Microsoft Word ada beberapa formula yang didukung, namun dalam pembahasan ini dibatasi hanya pada fungsi SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN. Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang mengenal formula untuk operasi pada kolom di Word 2007 kali ini.

    Oya... kenapa cuma 4 operasi fungsi yang kita jabarkan? Alasannya karena keempat operasi fungsi itu saja yang sering digunakan dalam Microsoft Word. Operasi-operasi lain, adalah operasi fungsi logika, di samping saya sendiri belum dapat paham sehingga tidak dapat menggunakan secara benar di Microsoft word. Ok.. tanpa panjang kata lagi kita jabarkan 4 formula untuk operasi fungsi pada data tabel di word.

    SUM

    Sum adalah operasi penjumlahan. Pada data di kolom, yang dapat dijumlahkan adalah kolom ke atas (above), dan penjumlah mendatar (row) baik ke arah kiri (LEFT) dan ke arah kanan (RIGHT). Yang perlu diperhatikan adalah dalam penulisan angka-angka tersebut. Bila ribuan pemisah antara angka ribuan dengan ratusan itu dipisah dengan tanda koma (,) bukan titik (.)Perhatikan gambar di bawah ini!

    Formula SUM

    Menjumlah Dari atas atau Sum Above

    Menjumlah dari lajur kiri - Kanan

    AVERAGE

    Average, merupakan fungsi yang dipergunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari kolom yang dikehendaki. Ini sangat membantu bila kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari suatu kolom atau sel dalam table di microsoft word. Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!


    Menghitung Rata-rata | Average

    Menghitung rata-rata pada lajur yang berbeda

    MAX

    Formula untuk operasi fungsi Max di Word 2007, merupakan formula yang dipergunakan untuk mencari nilai tertinggi dari baris atau kolom yang dikehendaki. Jadi kita tidak perlu mencari-cari dengan "mata" angka mana yang paling tinggi (besar). Max yang artinya tertinggi dipergunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari suatu lajur. Perhatikan gambar ilustrasi berikut!


    Fungsi max di word 2007

    Contoh penerapan formula menentukan nilai tertinggi (max) pada lajur berbeda

    MIN

    Min atau minus atau minimum yang mempunyai makna terendah. Cara untuk menentukan angka terkecil atau MIN identik dengan cara menentukan nilai tertinggi MAX, perhatikan langkah menentukan Max di atas. Namun yang membedakan, bila pada cara menentukan Max kita menggunakan formula "=MAX(LEFT)" (tanpa tanda petik), maka pada cara menentukan MIN kita menggunakan formula "=MIN(LEFT)", (tanpa tanda petik). Catatan LEFT yang di dalam kurung bisa diganti dengan right atau obove sesuai kebutuhan. Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!


    Formula MIN

    Nah... itu yang dapat kita sharing kali ini tentang formula operasi fungsi SUM AVERAGE MAX MIN di Word 2007.
    Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.
    Salam.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......