Membuat Daerah Arsir di Microsoft Word

    Pada beberapa hal kita membutuhkan untuk melakukan sesuatu terhadap "shape" yang kita buat. Misalnya membuat kotak yang diarsir (khususnya pada model matematika).

    Tutorial ini dibagikan sebagai pengalaman dalam membuat bentuk bangun datar atau shapes yang diarsir yang sering digunakan pada pembuatan soal matematika khususnya yang membahas bangun datar. Bangun data itu ada bermacam-macam contohnya Segitiga, Segiempat dan Lingkaran.

    Tutorial ini sangat erat kaitannya dengan bangun datar, khususnya dalam mengarsir bangun datar pada microsoft Word. Pernahkah Anda melakukannya? Bila ya, silakan sharing pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah.

    Arsir Shapes
    Before N After Arsiran Shapes

    Pada tutorial ini, dicontohkan cara mengarsir bangun datar persegi. Dan hal ini tidak menutup kemungkinan bisa diaplikasikan pada bagun datar yang lain.

    Perhatikan uraian di bawah.

    1. Pertama,
    2. Buatlah sebuah bangun datar pada microsoft office word. Misalnya segiempat atau bentuk shapes yang lain, seperti lingkaran, segitiga, trapesium, atau bentuk lain yang lagi dibutuhkan.
    3. Kedua
    4. Klik kanan bangun datar yang dibuat tadi atau bangun datar yang akan diarsir >> sorot klik "Format Autoshape" Setelah itu akan muncul dialog sebagaimana gambar di bawah ini.
      arsiran persegi
      Mengarsir Bangun Datar
    5. Ketiga,
    6. Langkah kedua tadi memunculkan format autoshape dialog seperti di atas.Kliklah "fill effect" bar yang berada di sebelah kanan bar color.
    7. Keempat,
    8. Langkah tiga di atas, memunculkan dialog sebagaimana gambar di bawah. Perhatikan dengan seksama!.
      Fill Effects Dialog
    9. Kliklah pattern, yang kemudian memunculkan model arsiran seperti tampak pada gambar di atas. Pilihlah model arsiran yang diminati atau diinginkan. dengan mengklik pada iconnya masing-masing.
    10. Klik OK sebagai langkah terakhir

    Nah... gampang bukan?
    Tutorial membuat daerah arsir di microsoft word ini membahas mengenai cara mengarsir bentuk penuh, bagaimana cara mengarsir bentuk itu setengahnya? Silakan bereksperimen lebih lanjut.

    Demikian tutorial ini.
    Semoga dapat menjadi referensi.

    Posted by Teguh De

    6 komentar:

    1. Terima kasih pak. Membantu sekali

      BalasHapus
      Balasan

      1. SAma-sama Sdr. Indrajat Wijaya Kusuma. Terima kasih.

        Hapus
    2. Pak kalo untuk ms word 2013 gmana ya?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jujur, saya belum menginstal versi 2013 di perangkat saya masih yang 2007. Mungkin, penjelasan berikut dapat dijadikan "clue" bagi Anda untuk melakukannya.

        Pada prinsipnya langkahnya sama. Anda buat shapes yang dibutuhkan, klik "Menu format", Pilih Shape fill, Klik Prttern, Pilih pola arsir yang disukai.

        Semoga terbantu.

        Hapus
    3. tolong disertai gambar thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sdr. Yusuf Abdullah, Dari artikel di atas, bila ada sesuatu yang belum dipahami, saya coba akan bantu memberi solusinya. Terima kasih sudah berkunjung.

        Hapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......