Cara Indah Membuat Nomor Dada atau Ujian

    Membuat nomor Dada atau Nomor Ujian yang digunakan ketika akan mengikuti test atau ujian-Hal ini lebih tepatnya digunakan Membuat Huruf Besar, semisal membuat nomor dada untuk Ujian Praktek bagi siswa SMP maupun SMA, bahkan tidak menutup kemungkinan bagi SD (Sekolah Dasar, membutuh NOMOR DADA.

    Nomor Dada ini digunakan atau dipakai ketika Siswa Siswi mengikuti ujian praktek yang dilakukan baik perseorangan maupun secara beregu, misalnya Cabang Olahraga Permainan.

    Pada kesempatan ini disharing tentang Cara membuat nomor Dada atau Nomor UJIAn.Untuk ukuran nomor dada, misal 10 cm x 10 cm, ada juga yang dibuat berukuran 6 cm x 9 cm.

    Nomor Dada atau Ujian
    Contoh Nomor Dada/Ujian

    Membuat nomor Dada atau nomor Ujian yang berukuran 10 x 10 cm, atau ukuran yang lain dapat dilakukan di Microsoft Word. Angka yang dipakai umumnya berukuran besar bila dibandingkan dengan angka atau huruf dalam tulisan paragraf biasa. Jadi, untuk membuat nomor Dada atau ujian yang indah, kita harus bisa Membuat Huruf Ukuran Besar di Microsoft Word.

    Nah, untuk tujuan itu kita dapat mempergunakan feature WordArt dan Insert Bentuk/Shape.

    Menu WordArt

    WordArt, sebuah feature di microsoft word yang dapat membantu kita membuat ukuran tulisan dengan besaran tertentu. Misalnya 4 x 4, atau bahkan 10 x 10 cm, atau ukuran yang lain..

    WordArt di microsoft word merupakan feature di menu insert. Untuk mengaktifkannya, Klik menu INSERT kemudian perhatian di menunya WordArt dengan icon huruf A berwarna biru.

    Cara Membuat Nomor Dada atau Ujian.

    Setelah tahu cara membuat bentuk/Shapes dan WordArt, maka membuat nomor dada atau ujian ini dapat dilakukan. Pada dasarnya membuat nomor dada/ujian ini tidak beda jauh dengan Membuat nametag untuk MOS dengan beberapa penyesuaian.

    1. Buka microsoft Word
    2. Klik Insert | WordArt
    3. Ketik huruf atau angka di WordArt Dialog. Pilih type fontnya. Kemudian Klik OK
    4. Klik atau aktifkan wordart yang baru dibuat dan perhatikan perubahan tampilan yang terjadi di menu bar! (Perhatikan gambar di bawah!)
    Menu Bar WordArt

    Lebih lanjut pengaturan yang dapat dilakukan, dapat diuraikan sebagai berikut.

    • Di bagian Textdari gambar di atas, menu ini dapat membantu ketika kita ingin mengubah/edit angka atau tulisan kata-kata yang telah dibuat, termasuk spasi (jarak antara huruf yang satu dengan yang lain), serta pengaturan perataan.
    • Pada menu WordArt Styles, bisa difungsikan untuk memilih warna (timba), warna garis (pensil), dan bentuk-bentuk gaya tulisan (Huruf A biru).
    • Shadow Effect dimanfaatkan ketika ingin menambahkan bayangan pada nomor dada atau ujian yang dibuat. Atur dan pilih arah bayangannya sesuka hati.
    • Arrange untuk mengatur tata letak Seperti halnya menata letak gambar, ada yang in line, in front of text, below text, dan beberapa pilihan yang lain.
    • Size, digunakan untuk membuat ukuran nomor dada atau ujian yang akan dibuat. Bisa 6 x 9 atau 10 x 10 cm,

    Demikian Cara membuat nomor dada atau ujian di microsoft word.
    Semoga dapat dijadikan referensi.

    Posted by Teguh De

    1 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......