8 Manfaat besar membaca

    Ingatkah dengan kejadian beberapa tahun yang lalu, bahkan beberapa puluh tahun yang lalu, saat kita akan menginjak usia sekolah? Orang tua kita, mengajari kita mulai membaca. Mereka meluangkan waktunya buat membimbing kita agar dapat membaca, minimal mengenal huruf dan angka. Mereka berpendapat agar kita dapat tumbuh menjadi orang yang melek huruf, sehingga dapat belajar lewat tulisan-tulisan atau buku.

    Sekarang, pada saat kita sudah mampu membaca, bukan saja dalam bahasa ibu, tapi bahasa internasional, bahkan bahasa negara-negara tertentu, masih kita meluangkan waktu kita untuk membaca?

    1. Pengertian Membaca
      Dari sumber ini membaca didefinisikan adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Lebih jauh diuraikan, membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Dari kutipan di atas, membaca merupakan kegiatan mengenal dan menyusun simbol-simbol yang tersusun dalam sebuah bahasa, dan makna yang mengikutinya.Jadi, kegiatan membaca bukan sekedar mengenal susunan simbol-simbol (huruf-huruf) tapi harus dapat pula mengambil makna dari susunan huruf-huruf itu (kata maupun kalimat).
    2. Manfaat Membaca
      Kegiatan gemar membaca ternyata mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah menambah ilmu dan pengetahuan. Berikut diuraikan manfaat membaca yang dicopot dari tetangga sebelah (sumber ini ) dan dilakukan edit seperlunya.
      1. Melatih kemampuan berpikir
        Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.

        Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak?

        Jawabannya adalah membaca. Dengan cara membaca otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.
      2. Meningkatkan Pemahaman
        Bagi seorang siswa, membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mengerti menjadi lebih jelas setelah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.
      3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
        Manfaat ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Ada selogan yang bertuliskan "Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah salah satu kunci gudang itu". Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih siap mental dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa survive dalam menghadapi situasi zaman.
      4. Mengasah kemampuan menulis
        Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca juga dapat mengasah kemampuan menulis Anda. Selain karena wawasan Anda untuk bahan menulis semakin luas, Anda juga bisa mempelajari gaya menulis orang lain melalui membaca tulisannya. Lewat membaca Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.
      5. Mendukung kemampuan berbicara di depan umum
        Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengatahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
      6. Meningkatkan Konsentrasi
        Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.
      7. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
        Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.
      8. Sarana Refleksi dan Pengembangan Diri
        Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal.

    Jadi, membaca sangatlah bermanfaat bagi diri sendiri, maupun bila dikembangkan lebih jauh dapat bermanfaat bagi orang lain. Bila kita mempunyai banyak pengetahuan dapat memberikan solusi terhadap suatu masalah, atau memberikan sumber-sumber infformasi kepada orang lain yang membutuhkan.
    Bila ditautkan lagi dengan dunia yang makin dekat ini, pengetahuan dan ilmu memegang peranan yang sangat penting, baik dalam bersosialisasi, berorganisasi, maupun dalam bidang-bidang kehidupan yang lain.

    Ok. semoga cuplikan kecil ini dapat bermanfaat.
    Terima kasih.
    Disarikan dari berbagai sumber

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......