Pramuka: Media Pembentuk Karakter Pelajar

    Pramuka sebagai media pembentukan karakter pelajar, judul posting kali ini merupakan wujud kepedulian terhadap perkembangan karakter para anak muda kita, khususnya para pelajar. Mengapa demikian?

    Dari berbagai sumber, khususnya berita di TV serta koran, serta hasil bincang-bincang dengan teman dari berbagai profesi, banyak yang menyoroti keadaan anak muda kita dewasa ini. Karakter anak muda kita saat ini, sudah sampai pada tingkat mengkhawatirkan. Cobalah tengok berita di TV, dan membaca di koran tentang berita kriminal, tindak kekerasan, dan penyalahgunaan media teknologi Informasi dan Komunikasi, di sana ada banyak kasus yang melibatkan para remaja, khususnya pelajar. Baik, di SD, SMP maupun satuan pendidikan yang lebih tinggi seperti SMA bahkan dunia kampus.

    Karena hal itulah, pendidikan karakter masih menjadi isu hangat dalam kehidupan saat ini. Hal ini wajar saja, sebab karakter sebagian besar manusia dianggap sudah mengalami degradasi atau penurunan. Jika dibiarkan terus menerus menurun, akhlak manusia Indonesia akan ambruk. Hal tersebut akan berdampak pada keberlangsungan bangsa Indonesia.

    Bagaimana Mencegahnya?

    Gambar Pramuka
    Pramuka: Praja Muda Karana

    Untuk mencegah penurunan moral yang lebih drastis, perlu media-media untuk meningkatkan kualitas moral manusia Indonesia, khususnya pada generasi muda yang akan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik di masa depan, peningkatan kualitas moral harus ditingkatkan secara maksimal. Untuk itu, sangat perlu media yang mampu meningkatkan karakter generasi penerus bangsa.

    Siswa merupakan salah satu generasi penerus bangsa yang patut memiliki dan meningkatkan karakter. Peningkatan karakter tersebut bisa dilakukan di sekolah. Media yang tepat untuk meningkatkan karakter siswa adalah Kegiatan Kepramukaan. Dengan mengikuti kegiatan kepramukaan, berbagai karakter mulia siswa bisa ditingkatkan. Alasannya, dalam kegiatan pramuka diajarkan berbagai aktivitas yang mengandung nilai nilai karakter bangsa, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, mandiri dan karakter bangsa lainnya. Karakter disiplin dalam mengerjakan setiap tugas, bertanggung jawab terhadap semua hal yang telah dikerjakan, mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas dan sifat terpuji lainnya.

    Kegiatan lainnya adalah berkemah. Tujuan perkemahan tersebut adalah untuk membentuk sikap siswa agar memiliki kepribadian yang berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur. Bagi siswa, perkemahan pramuka menjadikan siswa mandiri, berani, bertanggung jawab, disiplin, mampu bekerja sama dengan orang lain dan memiliki kepedulian.

    Hampir di setiap kegiatan kepramukaan selalu mengandung karakter-karakter yang mulia. Dengan mengikuti berbagai kegiatan dalam kepramukaan secara rutin, karakter siswa akan terbentuk secara bertahap dan akan meningkat secara perlahan.

    Demikian, ulasan singkat tentang pramuka sebagai media pembentuk karakter pelajar atau anak Muda yang masih relevan.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......