Pikiran dan Manfaatnya Bagi Manusia

    Segala sesuatu tercipta karena pikiran. Apapun yang kita lakukan itu bersumber dari pikiran. Sadar ataupun tidak, kita telah menggunakan pikiran dalam segala hal. Berpikir merupakan sebuah proses kerja dari pikiran. Berpikir, menelaah, menguji, membandingkan, dan lain sebagainya merupakan proses pikiran, yaitu berpikir.

    Pikiran, seperti halnya alat - pisau - pada diri manusia, bersifat dualitas. Hal yang baik dan buruk bila diurut sumber dan penyebabnya adalah pikiran. Sehingga boleh jadi, semua produk pikiran itu mempunyai dua kutub, yaitu baik dan "tidak baik".

    Gambar Pikiran

    Pikiran mengakses memori/ingatan kita. Ingatan dalam otak tersimpan sebagai pengetahuan dan atau pengalaman. Pengetahuan atau pengalaman baik dari hasil menghimpun secara sadar maupun yang didapat secara tidak sengaja, dalam menghadapi segala phenomena yang dihadapi. Timbunan pengetahuan yang tersimpan dalam memori/otak menjadi filter atau indikator dari segala fenomena yang dihadapi sehari-hari, yaitu baik ataupun buruk.

    Manusia berpikir, untuk mengajegkan eksistensi atau keberadaannya sendiri. Manusia menggunakan pikiran sebagai senjata dalam menghadapi dunia untuk mempertahankan dirinya, untuk kelangsungan hidupnya. Manusia menggunakan pikiran untuk menjadikan dirinya berani, dan menjadikan pikirannya untuk dapat keluar dari ketakutan, bahkan untuk menakut-nakuti diri sendiri.

    Semua berawal dari pikiran, dan berakhir dalam pikiran.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......