1 Cara Jitu agar File Excel Tidak Terpotong Saat Print

Pekerjaan spreadsheet atau lembar kerja yang secara umum disebut Excell sudah tidak dapat dielakkan lagi dalam kehidupan perkantoran. Khususnya pada pengolahan data.

Yang sering menjadi kendala atau masalah dalam bekerja dengan excel adalah kesulitan mengetahui file tersebut ketika di print (cetak) akan terpotong atau tidak?

Ini jarang orang tahu caranya yang tepat.

Pada artikel ini, saya berikan hanya dengan 1 cara yang jitu. Dengan cara ini Anda akan tahu persis, apakah file excel Anda akan terpotong atau tidak.
Berbeda - ketika bekerja di microsoft office word®- untuk mengatasi agar dokumen tidak terpotong saat di print. Ikuti langkah di 3 Penyebab, Print terpotong, di Word.

Cara itu adalah: print preview.

Print preview adalah menu excel untuk kita dapat ketahui lembar kerja kita apa sudah sesuai dengan keinginan apa belum?

Print preview sangat jarang sekali dilakukan oleh para pemula, bahkan para senior. Akibatnya, sering terjadi kesalahan pencetakan. Pada layar monitor tampak lembar kerja terpampang penuh, tapi ketika dicetak malah terpotong. Bahkan yang disangka lembar kerja itu 1 lembar, malah keluar lebih dari 1 lembar terpisah.

Bila hendak mencetak file: lakukan print preview

Ya... lakukan print preview terlebih dahulu sebelum Anda mencetak dokumen. Berikut beberapa cara melakukan print preview:

  1. Gunakan ctrl + F2 untuk mengaktifkan print preview.
  2. Cara lain untuk mengaktifkan menu print preview adalah dengan shortcut ctrl + p kemudian klik

Setelah menu print preview muncul di layar monitor, amati apakah file Anda terpotong? Jika jawabannya iya, maka lakukan beberapa perubahan pada pengaturan. Bagaimana caranya?

Saat Print di Excel terpotong
Cara Melakukan Page Setup di Excel

Step 1 - Pastikan ukuran kertas yang hendak digunakan. Apakah A4 atau F4, atau mungkin dengan ukuran kertas yang lain. Tentukan ukuran kertas ini dulu sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Bila di komputer Anda belum ada setting ukuran kertas F4, Ikuti langkah-langkah di artikel Cara menambah ukuran kertas F4 di Komputer

Step 2 - Atur orientasi kertas. Orientasi kertas ada dua yaitu potrait dan landscape. Potrait adalah posisi kertas dengan ukuran sisi yang panjang berada pada posisi tegak (atas bawah), sedangkan landscape adalah orientasi kertas dalam posisi melintang. Melintang dengan sisi ukuran yang panjang pada posisi mendatar.

Step 3 - Bila langkah 1 dan 2 di atas belum dapat menyelesaikan masalah Anda, ubahlah ukuran pada marginnya. Margin adalah jarak tulisan dari tepi bidang kertas. Atur seperlunya.

Margin page setup di Excel
Cara Mengatur Margin di Excel

Step 4 - Langkah terakhir untuk menyelesaikan masalah, agar file excel Anda tidak terpotong adalah dengan mengubah besar skalanya. Caranya:

Scale page setup di excel
Cara Mengatur scale di Excel
  • Lakukan: page setup | Page | Ubah ukuran Adjus to ke prosentase yang lebih kecil.
  • Atau Klik : Pagelayout | Scale pada bagian scale to pit di menu bar, ubah scalenya ke lebih kecil.

Pada langkah terakhir sebelum dokumen dicetak, pastikan dengan melakukan print preview sekali lagi. Bila sudah benar dan tepat, lakukan pencetakan dokumen seperti biasa.

Nah.... Anda sudah tahu sekarang cara jitu mengetahui file dokumen excel akan terpotong atau tidak saat dicetak. Silakan dicoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......