Menambah Ukuran Kertas F4 di Komputer

    Ukuran kertas Folio / Legal secara umum tidak beredar di Indonesia. Yang beredar adalah ukuran F4. Namun, pada umumnya, kebutuhan untuk surat menyurat baik di kantor maupun di masyarakat luas, ukuran kertas yang digunakan adalah Folio/F4.

    Disamping karena tidak beredarnya ukuran kertas Legal secara umum seperti diuraikan di atas, Ketidaksediaan ukuran kertas F4 di default ukuran kertas pada komputer, menjadi alasan mengapa banyak yang mendapatkan hasil cetak atau print dokumennya terpotong, atau pada bagian tepi bawah bagian dokumen mempunyai margin yang terlalu sempat. Hal itu mengakibatkan margin dokumen kurang serasi kareana tidak seimbang

    Dalam bahasa lain, ketika mencetak / print surat (dokumen lain) bagian bawah surat tersebut, terpotong. Hal yang sama terjadi bila menambahkan border/bingkai di bidang kerja. Hal ini menyebabkan terpotongnya border atau bingkai dokumen, khususnya ketika membuat cover sebuah laporan.

    Kemudian, bagaimana solusi dari masalah di atas?
    Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengubah ukuran kertas legal ke ukuran F4 (21,5 cm x 33 cm). Cara yang lain adalah dengan menambah ukuran kertas F4 di default ukuran kertas komputer.

    Menambah ukuran kertas F4

    Nah, artikel ini memberi panduan cara menambah ukuran kertas di komputer. Kebetulan yang dipakai dalam panduan ini adalah printer Epson seri L120. Bila printer Anda berbeda, bisa disesuaikan dengan jenis dan type printer yang lain, misalnya di canon atau HP. Coba ikuti cara berikut ini!

    1. Pergilah ke Control Panel | Printer and Device
    2. Cari icon printer yang anda gunakan, kemudian Klik kanan mouse pada icon printer, lantas sorot dan klik Printing Preference
    3. Pada Printing Preference, cara tab Main: Klik panah kecil pada colom document size, pilih user defined
      Membuat ukuran kertas F4 di Komputer
      Cara menambah ukuran kertas Folio/F4 di Komputer
    4. Ubah beberapa parameter sebagaimana ditunjukkan gambar berikut!
      Membuat ukuran Kertas F4/folio
      Menambah ukuran kertas F4 di komputer
      • Aktifkan radio button mm (satuan mili meter) kemudian ubah user defined menjadi F4/Folio
      • Paper width isikan dengan angka : 215
      • Paper Height isikan dengan angka : 330
      • Klik save
      • Klik OK
    5. Setelah langkah di atas, uji dengan mengklik sekali lagi panah kecil pada kolom Document Size. Amati dari deretan ukuran kertas yang terlisting di sana. Apakah ukuran atau nama ukuran yang dibuat tadi (F4/Folio) sudah muncul dalam deretan tersebut? Biasanya terletak di bawah User Defined. Carilah pelan-pelan. Bila sudah muncul, berarti proses yang dilakukan tadi telah sukses atau berhasil.
    6. Uji kedua, bukalah salah satu program, misalnya Microsoft Office Word®. Klik menu Pagelayout | Size. Carilah ukuran kertas tadi (f4 / Folio) pada listing ukuran kertas tersebut. Bila telah tampak, itu menandakan proses penambahan ukuran kertas F4/Folio yang dilakukan tadi berhasil.

    Menambah ukuran kertas f4 pada printer epson, atau bila ingin menambah ukuran kertas dengan printer canon, bahkan pada printer hp laserjet, dapat dilakukan dengan cara tersebut di atas.

    Langkah tersebut di atas, dapat membuat ukuran kertas f4 permanen, bukan saja di komputer PC, langkah tersebut dapat juga menambah ukuran kertas di laptop tidak memandang OS apa yang dipakai, baik di windows 7, pada windows 10, maupun di microsoft word 2013.

    Nah, kita sudah dapat atau mempunyai ukuran kertas F4/folio secara default. Ukuran kertas yang lain ada bermacam-macam. Ada A4 yang umum digunakan untuk mencetak karya tulis seperti skripsi maupun PKP. Dan ukuran kertas Folio / F4 ini sendiri lebih umum digunakan dalam surat menyurat dan mencetak dokumen kantoran.

    Demikian, cara dan langkah-langkah membuat ukuran kertas F4 atau Folio pada komputer. Sekali lagi, panduan ini menggunakan printer Epson L120. Bila printer Anda berbeda, silakan disesuaikan panduan ini dengan menu dari printer yang digunakan.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......