Syarat Eksternal Link yang SEO Friendly

    Membuat dan mengontruksi sebuah blog - khususnya - agar memenuhi prinsip-prinsip SEO, adalah idaman semua blogger dan webmaster. Banyak cara telah diusahakan untuk mencapai tujuan itu.

    Berbicara SEO, yang utama dan penting untuk itu adalah originalitas artikel-artikel. Makanya banyak para blogger belajar menulis artikel yang memenuhi syarat-syarat SEO. Di samping itu, cara lain salah satunya adalah memanfaatkan dan mengoptimalkan eksternal link dan internal link.

    Eksternal link - secara kasar - adalah link yang kita cantumkan di artikel blog kita yang menuju ke artikel pada blog orang lain.

    Internal link - secara sederhana- adalah link yang kita cantumkan di dalam sebuah artikel blog kita yang menuju ke artikel lain dari blog kita sendiri.

    Seo dengan Eksternal Link
    SEO dengan Eksternal Link
    Sumber : https://www.freepixels.com/photo/http-and-dollar-sign

    Pemanfaatan eksternal link untuk mendongkrak SEO pada blog, harus memperhatikan beberapa hal penting. Bila tidak akan berakibat buruk terhadap blog kita.

    Nah...bagaimana menggunakan eksternal link untuk mendongkrak SEO blog?

    Berdasarkan hasil membaca banyak artikel, dapat ditarik beberapa point penting dalam memanfaatkan eksternal link untuk meningkatkan SEO, antara lain:

    1. Website yang dijadikan link tujuan usahakan website yang nilai otoritas/pagerange yang tinggi/bagus, dan mempunyai relevansi hubungan yang sangat erat dengan artikel yang dibuat. Misalnya artikel tentang SEO, maka usahakan eksternal link-nya membahas tentang SEO. Coba search situs-situs yang mempunyai pagerange tingkat tinggi yang berhubungan dengan artikel yang dibuat.
    2. Bila tidak atau karena terpaksa membuat link ke situs yang tidak jelas kualitas otoritasnya, maka jalan keluarnya adalah gunakan tag nofollow
      Cara membuat tag nofollow sangat mudah bagi yang sudah mengenal dan tahu HTML. Misalnya artikel yang dijadikan rujukan/sumber mempunyai link : https://sekarringidep.blogspot.com/2018/08/syarat-eksternal-link-agar-seo.html; maka tag nofollownya akan menjadi: <a href="https://sekarringidep.blogspot.com/2018/08/syarat-eksternal-link-agar-seo.html" rel="nofollow">Eksternal Link</a>

    Dari pada menggunakan point kedua - situs yang kulitas pagerange tidak jelas - dari pilihan di atas, lebih baik menggunakan link rujukan ke artikel lain dari blog sendiri. Maksudnya manfaatkan artikel-artikel lain dari blog sendiri sebagai referensi dari artikel-artikel kita. Ini akan semakin mendongkrak peningkatan point website/blog, yang berujung pada lebih dipercaya oleh google.

    Nah.. dari uraian singkat di atas, dapat diambil kesimpulan pergunakanlah eksternal link dengan bijak dan tepat. Sebab bila ceroboh serta kurang hati-hati, dapat menyebabkan SEO blog bermasalah.

    Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan SEO pada blog. Dengan terpenuhinya syarat-syarat SEO memungkinkan masuk dalam kategori blog populer dan muncul pada halaman pertama mesin pencari (search Engine).

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......