Apa itu Psikotes?

    Istirahat tadi sore sempat ngobrol beberapa saat - kebetulan ada teman mampir- kurang lebih 15 menit. Teman ku ini baru datang dari ikut lomba Kepala Sekolah Berprestasi di tingkat provinsi Bali.

    Jadi ngobrolnya tentang itu. Tentang proses lomba Kepala Sekolah Berprestasi. Temanku ini -dilihat dari keseharian- layak menyandang hal itu. Di samping karena memang rajin, dia cukup berkualitas bila dibandingkan dengan teman kepala sekolah yang ada di lingkup kecamatan. Dia lebih banyak ngobrol tentang psikotes. Psikotes? Apa itu psikotes? Saya jadi tertarik tentang hal ini.

    Namun, dari paparan teman tadi, hanya mendapat sedikit sekali tentang psikotes itu. Nah... dari situ, saya tertarik untuk browsing-googling- mencari tahu apa itu psikotes. Dari googling tadi, nemu difinisi psikotes yang saya tuangkan dalam; uraian berikut.

    Psikotes itu punya istilah kerennya, yaitu psychological assessment, yang merupakan proses pengumpulan dan pengintegrasian data individu dengan tujuan melakukan evaluasi psikologis,jadi proses ini menggunakan seperti tes, wawancara, studi kasus, observasi, dan pengukuran lainnya. Tujuannya seseorang mengikuti psikotes untuk melihat kesesuaian dari karakter individu dengan persyaratan pekerjaan, atau in the right man in the right place.

    Dalam Psikotes itu mengukur:

    1. Kemampuan, misalnya kemampuan kita untuk menganalisa dan sintesis atau daya nalar kita, dalam pemecahan masalah, pengetahuan umum dan lain- lain.
    2. Kepribadian, misalnya kematangan emosi, keprcayaan diri, penyesuaian diri, keterampilan interpersonal, dan lain-lain.
    3. Mengukur ketekunan, ketelitian, keteraturan, dan sebagainnya

    Nah... itu sekelumit hasil googling saya. bagaimana dapatkah mengerti sekarang apa itu Psikotes?


    Sumber : link ini

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......