Cara Membuat Posisi Halaman Berbeda Pada Judul Bab

    Cara membuat posisi halaman berbeda pada judul bab atau membuat posisi nomor halaman di bawah pada setiap judul bab dan di atas pada halaman berikutnya merupakan tutorial yang praktis dan sederhana untuk membantu memberikan referensi bacaan bagi yang sedang bingung mengatur posisi halaman berbeda pada makalah, karya tulis, maupun skripsi.

    Membuat Nomor Halaman

    Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel Cara membuat halaman dan Membuat Nomor Halaman romawi dan angka.
    Nah.. artikel ini membahas Cara Membuat Posisi Halaman Berbeda pada judul Bab. Harapannya, dengan 3 posting artikel ini Anda dapat terbantu dalam hal membuat nomor halaman pada skripsi dan tugas akhir Anda. Di samping itu, Anda juga mendapatkan kemampuan untuk mengatur model atau format angka baik romawi maupun angka arab, serta Anda dapat menentukan sendiri letak atau posisi nomor halaman tersebut, di atas atau di bawah dari bagian halaman skripsi Anda. Kemampuan ini sangat membantu bahkan sangat penting bagi para mahasiswa ataupun Anda yang lagi membutuhkannya.

    Berikut Langkah-langkah membuat posisi halaman yang berbeda atau posisi halaman di bawah pada judul bab dan di atas pada halaman setelah judul bab dimaksud.

    1. Bukalah file yang hendak diisi halaman atau diatur halamannya.
    2. Atur Page Layout
    3. Langkah ke-2 ini penting. Jadi, silakan cermati dengan seksama.
      Pada Menu Bar klik Page Layout | Margin | Custom Margin | Layout. Sorot klik cek pada kotak kecil dari Differents First Page Bagi yang menggunakan office 2010 ke atas, perhatikan gambar di page layout setting di bawah ini.
      Membuat nomor halaman yang posisinya berbeda
      Page Layout untuk mengatur nomor halaman
    4. Setelah proses di atas, kemudian Klik Insert |Page Number |Pilih bottom center , kemudian lanjutkan dengan menentukan format nomor halaman dengan angka(1, 2, 3 ...).
    5. Setelah langkah ini, Anda mendapatkan lembar pertama dokumen word Anda atau skripsi Anda sudah bernomor 1, sementara halaman kedua belum terisi nomor halaman. Ini adalah proses yang benar. Bila semua lembar dokumen ada halamannya malah terjadi kesalahan atau kekeliruan.
    6. Sekarang, letakkan kursor mouse Anda pada halaman kedua / setelah halaman 1. Selanjutnya, Klik Insert | Page Number | Pilih top right.
    7. Maka setiap halaman mulai halaman kedua posisi halaman berada di pojok kanan atas lembar kerja Anda.

    Sampai pada langkah 4 ini, lembar dalam keadaan bernomor halaman dengan format halamannya 1, 2, 3 dan seterusnya, dengan posisi di pojok kanan atas, kecuali pada halaman pertama terletak di bagian bawah halaman. Bila belum mendapat hasil seperti itu, silakan dicermati lagi, apa ada bagian yang ketinggalan?

    Nah, kita sudah berhasil membuat penomoran halaman pada Bab I, yang mana pada judul Bab, halaman berada di bagian bawah lembar kerja, dan halaman setelah lembar Bab berada di pojok kanan atas. Kemudian, bagaimana dengan Bab II, Bab III dan seterusnya? Apa sudah otomatis mengikuti pola pada Bab I?
    Ternyata tidak. Lanjutkan dengan langkah berikut ini! :

    Tempatkan kursor mouse Anda pada bagian paling kiri dari Bab II, kemudian klik Page Layout | Break | Next Page
    Setelah langkah ini, Anda akan secara otomatis mendapatkan nomor halaman pada judul bab berada di bagian bawah, dan lembar setelah bab ii berada di pojok kanan atas lembar kerja

    Untuk Bab III, IV dan seterusnya Ulangi langkah Page Layout | Break | Next Page ini di lembar yang akan diubah posisi nomor halamannya, dengan meletakkan kursor di ujung kiri atas lembar kerja.

    Demikian, cara membuat posisi halaman berbeda pada Judul Bab ini dibagikan. Bila ada pertanyaan silakan masukkan di kolom komentar.

    Pada beberapa kasus, langkah ini ternyata gagal. Setelah dicek file dokumen tersebut sudah mengalami beberapa kali setting / format sehingga tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apabila terjadi kegagalan dalam menginsert nomor halaman lakukan beberapa langkah berikut.

    1. Sebelum melakukan semua langkah yang diuraikan di atas, cek dulu kondisi halaman lembar kerja dengan masuk ke menu : Insert | Page Number | Format Page Number
    2. Lihat pada bagian Numbering. Bila pada bagian numbering terisi nomor/angka, maka hapuslah angka itu semua, kemudian klik OK
    3. Setelah itu, cobalah seluruh langkah di atas dari nomor 1 sampai 4

    Bila belum juga bisa, silakan tinggalkan komentar,

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......