Cara Membuat (Garis Baru) Indentasi Paragraf

    Indentasi Paragraf

    Indentasi paragraf merupakan penulisan teks paragraf dengan mempertimbangkan perataan kalimat. Ada 3 format identasi yang ada.

    Cara penulisan perataan paragraf, dilihat dari perataannya dikelompok menjadi empat, yaitu paragraf rata kanan, paragraf rata kiri, paragraf rata tengah dan paragraf rata "kiri-kanan" atau sering disebut perataan justify. Untuk lebih banyak lagi tentang hal ini silakan dilihat pada artikel cara mengatur perataan paragraf di word.


    membuat Indentasi Paragraf

    Membuat garis baru indentasi paragraf di sini maksudnya adalah membuat paragraf dengan memperhatikan perataan huruf pertama kata pada paragraf dengan kalimat-kalimat lanjutan pembentuk paragraf.

    Identasi Paragraf Jorok ke dalam

    Dari gambar identasi paragraf di atas, diketahui pada tanda panah 1, garis baru paragraf posisinya agak menjorok "1 stop" ke arah dalam dari keseluruhan bangun paragraf tersebut. Ini diistilahkan dengan indentasi paragraf kanan atau istilah lain indentasi first line

    Bentuk paragraf ini secara umum digunakan dalam penulisan yang bersifat formal, seperti karya tulis ilimiah, skripsi, laporan-laporan kegiatan, paper, dan lain-lain.

    Identasi Paragraf Lurus

    Tanda panah 2, garis baru paragraf mempunyai perataan yang sama dengan sisa paragraf secara keseluruhan. Paragraf model kedua ini -dalam microsoft office word indentasi paragraf jenis None.

    Paragraf ini penulisan dari baris pertama first line sampai baris terakhir last line berada dalam satu garis tegak lurus

    Identasi Paragraf Menjorok ke Luar

    Tanda panah 3 merupakan gambaran sebuah paragraf dengan indentasi paragraf menjolok ke kiri atau ke arah luar bila dibandingkan dengan sisa dari bagian paragraf selanjutnya.

    Bentuk indentasi paragraf seperti ini secara umum digunakan pada Daftar pustaka dari sebuah karya tulis. Di program microsoft word bentuk indentasi paragraf seperti ini disebut indentasi paragraf Hanging.


    Cara Membuatnya Indentasi Paragraf

    Membuat indentasi paragraf seperti uraian di atas dapat melalui beberapa cara. Salah satunya dengan cara Klik Home | Paragraph di menu bar microsoft office word. itu cara pertama.

    Cara kedua dengan klik kanan mouse pada bidang kerja microsoft office word, kemudian sorot klik Paragraph

    .

    Dengan kedua cara tersebut maka akan muncul dialog yang kurang lebih berbentuk seperti gambar di bawah.

    Cara membuat indentasi paragraf
    Cara Membuat Indentasi Paragraf

    Silakan melakukan perubahan-perubahan pada value (atau nilai) dari masing-masing kolom seperti pada tampak di gambar di atas, dan perhatikan perubahan apa saja yang diakibatkannya.

    Di samping indentasi paragraf dengan cara di atas, berikut diberikan langkah yang menggunakan shortcut.  

    Membuat indentasi paragraf dengan shortcut

    Untuk mendapatkan bentuk indentasi paragraf yang menjorok ke dalam atau indentasi paragraf first line bisa dibantu dengan shortcut Ctrl + M, kemudian lanjutkan dengan Ctrl + Shift + T

    Untuk mendapatkan bentuk indentasi paragraf yang menjorok ke luar atau indentasi paragraf Hanging, bisa dibantu dengan shortcut Ctrl + T

    Membuat indentasi paragraf pada sebuah karya merupakan syarat mutlak yang wajib dipenuhi. Dari uraian artikel di atas, semoga Anda dapat membuat indentasi paragraf sebagaimana yang dibutuhkan.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......