Cara Menata perataan Paragraf di word

    Sobat Sekar. Dunia komputer telah sedemikiannya menyentuh lapisan masyarakat, khususnya pada anak-anak sekolah. Sejak sekolah dasar anak-anak telah diperkenalkan dengan komputer, dengan harapan agar mereka tidak menjadi anak yang Gaptek.

    Sebuah tujuan yang baik. Namun di balik itu, pengenalan komputer termasuk pengoperasian program-program yang ada di dalamnya masih setengah-setengah. Sebagai akibat dari tidak tuntasnya pengenalan komputer di tingkat sekolah dasar, berdampak pada kemampuan anak di tingkat sekolah menengah pertama bahkan tidak jarang terbawa sampai ke tingkat menengah atas.

    Disamping karena ketidaktuntasan tadi, yang paling besar berpengaruh terhadap kemampuan anak menguasai komputer adalah minat dan alat.

    Minat merupakan keinginan yang kuat dari anak untuk dapat menggunakan komputer termasuk program-program yang ditanam di dalamnya. kedua, alat atau media. Bagi beberapa kalangan komputer atau laptop masih terkategori sebagai barang mahal. Hal itu mengakibatkan tidak terdukungnya minat anak dalam hal penguasaan komputer.

    Hehehehe...... maaf Sobat Sekar. Sekar malah keluar dari konteks. Kembali ke topik. Topik yang ingin kita bahas dalam posting ini adalah teknik menata perataan paragraf di word.

    Teknik dalam hal ini lebih cenderung pada cara atau langkah-langkah menata paragraf yang kita ketik di bidang kerja microsoft office Word.
    Ok.... mari kita lanjutkan.

    Dalam penataan perataan paragraf di Word, ada 4 perataan, antara lain:

    1. Perataan kiri. Penataan paragraf perataan kiri merupakan default dari Msword, yang mana paragraf yang kita ketik mempunyai perataan tulisan di sebelah kiri bidang kerja Ms. Word. Perataan ini tehniknya dengan menjalankan shortcut  "Ctrl + l", atau dengan mengaktifkan perataan kiri di paragraph formating bar. Perhatikan gambar bawah ini!
    2. Paragraf Rata Kiri
    3.  Perataan Kanan. Penataan paragraf model ini berlawanan dengan perataan kiri sebagaimana diuraikan pada point pertama di atas. Shortcut untuk menata perataan paragraf yaitu "Ctrl + r", atau dengan mengaktifkan perataan kanan di paragraph formating bar . Perhatikan gambar No. 2 di bagian bawah postingan ini!
    4. Paragraf Rata Kanan
    5. Perataan Tengah. semua baris kalimat dalam paragraf akan terpusat di tengah-tengah bidang lembar kerja. Perataan ini bisa didapatkan dengan mengaktifkan perataan tengah di paragraph formating bar, atau dengan shortcut "ctrl + e". Perhatikan gambar No. 3 di bagian bawah postingan ini!
    6. Paragraf Rata Tengah
    7. Perataan di Kiri dan Kanan. Perataan ini merupakan perataan yang umum dipakai dalam penulisan laporan-laporan maupun dalam skripsi, majalah, novel dan lain-lain. Perataan ini menata huruf-huruf dalam kalimat sedemikian rupa sehingga di tepi kiri bagian lembar kerja dan kanan lembar kerja perataannya sama. perhatikan gambar No 4 di bawah. Perataan ini bisa diaplikasikan dengan shortcut "Ctrl + J"
    8. Paragraf Rata Kiri dan Kanan

    Pada banyak bentuk perataan yang umum dipergunakan dalam penulisan skripsi maupun dalam membuat laporan training serta jenis-jenis tulisan lain adalah perataan paragrap justify, atau rata kiri dan rata kanan. Tampilan yang dapat dilihat dalam bentuk perataan paragraf ini adalah rapi, dan indah.

    Nah itulah keempat perataan dalam penulisan paragraf di microsoft office word. Semoga bermanfaat.
    Suksma.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......