3 Penyebab Terpotongnya Halaman Dokumen saat Mencetak atau Print

    Apakah Anda pernah mengalami saat ngprint ada bagian halaman yang terpotong? . Anda tidak sendiri. Ada orang lain juga mengalami hal yang sama. Mencetak dokumen dengan printer memang sudah biasa, yang tidak biasa, saat ngprint dokumen yang dicetak ada yang terpotong.

    Bila itu terjadi pada Anda, ubahlah kebiasaan itu dengan cerdas. Bila diamati, ada beberapa penyebab terjadinya ngprint terpotong. Berikut dibeberkan beberapa kemungkinan penyebab dan jalan keluarnya, berdasar pada pengalaman sehari-hari.

    Gambar Penyebab halaman terpotong ketika mencetak
    Mencetak Dokumen Office
    Ukuran Kertas
    Pada umumnya penyebab utama dari kejadian print terpotong adalah ukuran kertas yang salah. Berdasarkan pengalaman, pemilihan kertas ini yang paling sering terjadi adalah kesalahan ukuran kertas Legal (35,66 cm) dengan kertas F4, yang mempunyai ukuran 33 cm. Di computer ukuran kertas legal yang sering disalahpahami sebagai ukuran folio, atau anggapan kertas F4 itu sama dengan legal. Agar kesalahan ini tidak terjadi, maka kita perlu tahu cara membuat ukuran kertas F4 di komputer. Jadi, ketika akan mencetak dokumen perhatikan ukuran kertas yang dipergunakan. Bagaimana caranya? Caranya adalah melakukan Page Setup

    Tutorial lain : Cara ganti ukuran inch ke cm di Office Word®

    Page Setup
    Page setup, khususnya di microsoft excell, yang mana lembar kerja (worksheet) bergaris-garis tanpa pemisahan secara kasat mata (baca: tidak seperti di word, yang terpisah dengan jelas tiap halamannya). Untuk kasus ini, harus dilakukan page setup yang benar, termasuk pemilihan kertasnya. Sebelum mencetak dokumen di excell, lakukanlah print preview terlebih dahulu untuk mengetahui preview hasil print/cetaknya. Silakan baca artikel Cara Page setup lembar kerja excell
    Margin
    Margin adalah jarak tulisan yang diukur dari tepi kertas. Margin terhadap lembar kerja atau kertas,yaitu margin atas (top), bawah (bottom), kanan (right) dan kiri (Left). Pada lembar kerja word, dibatasi margin kertas pada ukuran tertentu. Di samping itu pula, kemungkinan margin ini berhubungan dengan jenis printer yang dipakai. Sebagai contoh:
    Margin 0,5 cm dengan printer Canon 2700 series, margin itu dikategorikan out of margin. Dan besaran yang bisa diterima olehnya adalah 0,6 cm.

    Nah.... oleh karenanya maka pengaturan margin, sangat penting dan harus mendapat perhatian ketika membuat dokumen di microsoft word.

    Cara lain memecahkan masalah ini dengan menambah ukuran kertas F4 di komputer.

    Demikianlah uraian tentang penyebab mengapa print dokumen namun halamannya terpotong.Kemungkinan masih ada lagi penyebab lainnya, namun di artikel ini hanya diuraikan berdasarkan pengalaman saja. Bila Anda punya pengalaman yang lain, silakan sumbangkan saran Anda di kolom komentar, sehingga artikel ngprint halaman terpotong ini dapat menjadi lebih lengkap dan komprehensif.

    Terima Kasih

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......