Cara mengubah ukuran inch ke cm di Word (Default)

    ketika menyusun laporan untuk kebutuhan kampus atau perkuliahan, disyaratkan menggunakan margin 4333, atau yang lain, dalam satuan cm. Namun, secara default Microsoft Office Word® menggunakan satuan unit dalam inch. Kemudian, bagaimana cara mendapatkan ukuran yang tepat?.

    Nah.... dari pada bingung, lanjutkan membaca posting sederhana ini. Artikel ini memberi petunjuk Cara Mengubah Ukuran Inch ke Cm di word.

    Umumnya, ada beberapa pendekatan tertentu untuk mengubah ukuran inch ke cm - walaupun bagi beberapa orang mengubah ukuran inch ke cm itu merupakan sesuatu yang mudah, namun pada beberapa orang lagi, masih membingungkan - misalnya dengan menyetarakan 1 inch = 2,5 cm. Jadi, kalau membuat margin 4 4 3 3 misalnya, mereka menyetarakan ukurannya inch ke cm menjadi 1,6 inch atau yang 3 cm = 1,2 inch. Tentunya hal ini dilakukan pada setiap kita membuat dokumen baru, karena secara default (standar) akan tetap menggunakan inch.

    Caranya???

    1. Pertama membuka microsoft word,
    2. Setelah terbuka, klik panah kecil di ribbon yang tampak di "quick access toolbar. Bila office Anda 2010, dapat mengklik Tab File | Option.
    3. mengbah inch ke cm di word
      Mengubah ukuran inch ke cm
    4. Klik more commands pada menu drop down (perhatikan bagian yang diblok hijau pada gambar di atas). Setelah langkah di atas, maka muncul dialog word option Kliklah advance bar yang terletak di kolom sebelah kiri, maka pada kolom di sebelah kanan akan menampilkan feature dari menu advance tadi.
    5. Perhatikan gambar di bawah!
      Lakukan perubahan pada bagian Display cari bagian Show Measurement Unit, kemudian ubah parameter dari inch ke cm.
      cara mengubah ukuran inch ke cm
      Ubah satuan Inch menjadi Cm
    6. Setelah melakukan perubahan pada parameter seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, untuk menerapkan settingan, kliklah OK.

    Pengujian

    Benarkah perubahan yang kita lakukan telah berhasil, dan dapat berjalan pada program Microsoft Word?
    Masukklah ke menu Page Setup. Perhatikan satuan yang tertera pada unit satuan, atau lakukan pengaturan ukuran kertas ukuran kertas folio f4.

    Demikian, artikel dan tutorial ini. Semoga dapat bermanfaat.
    Bila ada pertanyaan dan membutuhkan tutorial yang lain, silakan tulis di kolom komentar.

    Diupdate Bulan Juni 2020
    Posted by Teguh De

    4 komentar:

    1. Balasan
      1. Syukurlah bila bisa membantu dan terima kasih telah berkunjung

        Hapus
    2. Balasan
      1. Terima kasih kembali Uswatun Hasanah. Semoga terbantu

        Hapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......