Membuat Tulisan Model Timbul di Photoshop

Pada tips photoshop kali ini, akan diuraikan tentang teknik membuat tulisan model timbul. Tulisan yang dibuat dalam tips kali ini adalah membuat tulisan seperti terpahat pada sebuah media tertentu.

    Ikuti Langkah-langkah berikut!
  1. Buatlah lembar kerja baru, ukurannya disesuaikan.
  2. Gambar Membuat tulisan timbul di photoshop
    Lembar Kerja Baru
  3. Setelah dapat lembar kerja, copylah layar itu (CTRL + J), atau buatlah layer baru dengan shortcut ctrl + alt + shift + n .

    Baca lebih jauh tentang: Cara MengCopy Layer di Photoshop

  4. Setelah itu, timpakanlah warna yang diinginkan pada layer yang baru tersebut. atau bisa juga diberikan pattern (dalam tips ini saya menggunakan warna hitam).
  5. Nah, sekarang lembar kerja sudah siap, mari kita mulai membuat teks, misalnya sekar dengan font SloganD. Anda bisa menggunakan bentuk huruf/font yang lain.
  6. Gambar huruf timbul

    Baca juga: Cara Menginstall Font di Komputer

  7. Langkah selanjutnya adalah mengubah teks tersebut menjadi path. Caranya dengan mengklik kanan mouse pada teks yang baru diketik tadi, dan sorot klik creat work path Setelah path terbentuk kliklah tab path pada layer palet. Kemudian klik kanan pada path, dan sorot klik make selection. Perhatikan ilustrasi berikut!
  8. Gambar Huruf Timbul
  9. Seleksi telah dibuat, kita kembali ke tab layer. Aktifkan marque tool dengan klik iconnya atau pencet M pada keyboard.
    Untuk mempercepat proses, gunakan shortcut-short cut yang telah disediakan dalam feature photoshop. Ada banyak shortcut untuk mempercepat proses pengeditan.

    Baca juga: Short Cut Photoshop

    Setelah marquee tool aktif, kemudian klik kanan pada seleksi yang telah dibuat dengan path (text - sekar-) sorot klik layer via cut. Ingat aktifkan layer hitam tadi.
  10. Dengan proses ke-6 tadi, maka pada layer hitam tadi telah terbuat lubang berbentuk teks yang kita buat seleksinya tadi. Kita divisible layer teks dan layer baru yang kita peroleh lewat proses cut tadi. Jangan lupa menghapus path yang ada pada palet layer path.
  11. Gambar huruf timbul
  12. Ok, Kita berkreasi pada layer hitam. Pertama-tama klik kanan layer di palet layer kemudian klik blending option. Sorot klik stroke, kemudian atur sizenya sedemikian rupa sehingga celah yang terbentuk tertutup semua. Kemudian atur atau pilih warna yang dikehendaki (bebas)
  13. Hasil akhir yang didapat kurang lebih gambar di bawah ini.
  14. Nah sekarang Trim layer dengan mengklik image--> trim untuk membekukan semua layer. Bila mau dikreasikan lagi, masih mungkin. mau di blending, dipotong lagi, dll. silakan.

Selesai!
Demikian, tutorial cara membuat tulisan model timbul.
Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......