Cara Membuat Huruf Tulisan di Photoshop

    Biasanya, ketika akan membuat tulisan atau teks berupa dokumen seperti skripsi, laporan, jurnal umumnya dilakukan atau dikerjakan di program pengolah kata. Program pengolah kata, ada banyak. Salah satu yang paling populer yang digunakan di flatform Windows adalah Microsoft Office Word.

    Di aplikasi tersebut, membuat dan menyusun kata/paragraf sangat lebih mudah, bila dibandingkan dengan aplikasi lain. Photoshop, misalnya.Namun, masih memungkinkan membuat teks di photoshop. Ikuti, artikel berikut ini.

    Membuat Tulisan atau teks di photoshop atau membuat layer teks di photoshop merupakan tutorial sederhana yang menguraikan tentang cara membuat teks atau tulisan ataupun membuat layer teks di photoshop. Lebih fokusnya tutorial ini menjelaskan tentang fungsi dari menu teks.

    Adapun manfaat dari kemampuan membuat teks di photoshop, salah satunya kita bisa membuat desain banner atau spanduk. Selain itu desain kartu nama juga bisa dibuat di photoshop, atau berkreasi menambah teks pada image atau foto.

    Membuat tulisan di photoshop
    Membuat tulisan Teks di Photoshop

    Seperti ditulis di atas, tutorial ini menguraikan tentang fungsi menu teks di photoshop. Namun, sebelum menu teks ini muncul kita harus mengaktifkannya.

    Bagaimana cara mengaktifkan Teks?

    Caranya ada dua yaitu: pertama dengan mengklik icon text tool-nya di Menu, dan yang kedua dengan memencet huruf "T" di keyboard Anda.

    Teks Tool

    Mungkin Anda ingin mengetahui : Shortcut terpopuler di microsfot word

    Bila menu text telah aktif, maka pada menu bar akan tampak seperti gambar di bawah ini.

    Menu Teks
    Text Formating Bar

    Perhatikan gambar di atas.
    Pada gambar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut secara berurutan sesuai nomor.

    1. Merupakan "menu format bar". Menu ini muncul sebagai tanda bahwa menu teks telah aktif, dan pekerjaan membuat tulisan atau teks dapat segera dilakukan.
    2. Icon ini digunakan untuk menentukan pilihan direction text atau arah tulisan. Dalam hal ini dapat dipilih arah tulisan yang horisontal atau vertikal.
    3. Menu drop down untuk memilih jenis huruf atau fonts yang akan diaplikasikan. Perlu disinggung sedikit, bahwa ada banyak jenis fonts yang dapat dipakai. Bila belum puas dengan jenis fonts yang ada, bisa menambahkannya lagi ke dalam komputer. Nah, tutorial menambah fonts ini bisa dibaca di Langkah Instal Fonts di Windows
    4. Menu yang ditunjukkan oleh angka 4 dari gambar di atas adalah menu drop down untuk memilih style fonts. Style pokok yang ada bisa dipilih,seperti: condensed, regular, bold dan italic, serta perpaduannya.
    5. Kotak ini untuk menentukan besar huruf. Walaupun nantinya bisa diatur besar kecil dan lebar huruf di bidang dokumen, namun pengatur besar huruf membantu pada saat pengetikan.
    6. Menu format untuk mengatur perataan dari kata maupun kalimat yang dibuat. Seperti menulis paragraf, bisa diatur perataannya. Ada empat pilihan, yaitu rata kiri, rata kanan, rata kiri dan kanan serta tengah.
    7. Angka 7 pada gambar, merupakan tempat memilih warna tulisan, sesuai selera dan kebutuhan.

    Ada beberapa icon yang tidak dijelaskan pada artikel ini. Silakan melakukan ekspolorasi lebih lanjut lagi.

    Demikian, Tutorial Membuat tulisan atau teks di photoshop, dengan harapan semoga dapat membantu, dan dijadikan referensi.
    Terima Kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......