Cara Paling Gampang Mengubah Tanda Desimal di Microsoft Excel

    Tanda desimal dalam program operasional sheet atau microsoft office excell&reg, secara default atau umum adalah (.) (baca titik). Hal ini mengikuti standar penulisan bilangan atau lambang desimal (decimal) di negara-negara Eropa termasuk Amerika.

    Disamping itu, titik dan koma juga digunakan untuk memisahkan nilai ribuan dengan ratusan pada nilai mata uang Rupiah (Rp.) misalnya, atau nilai-nilai lain.

    Mengubah titik dengan koma
    Cara mengubah titik menjadi koma pada desimal di Excel (Ilustrasi: pixabay)

    Namun tidak demikian dengan negara Kita, Indonesia. Ketika kita bekerja di sheet atau microsoft excel ini membuat beberapa dari kita bingung. Lambang pemisah antar bilangan desimal adalah tanda koma (,) dan juga tanda pemisah antara nilai ribuan dengan ratusan adalah titik (.).

    Nah, bagaimana cara mengubah tanda titik (.) menjadi koma (,) dalam penulisan desimal dan pemisah antara ribuan dengan ratusan di microsoft excel?

    Cara Ubah tanda Titik menjadi Koma di Excel
    1. Buka microsoft office excel®. Click start (logo windows) di pojok kiri bawah, kemudian all program | microsoft office/excel. Atau Buka office dengan 3 cara yang dapat dipilih.
    2. Selanjutnya, klik Logo office (pada office 2007) atau menu file (pada office 2010)kemudian sorot klik Excel Option atau Option.
      ubah tanda titik pada penulisan desimal
      Cara Mengubah Tanda Desimal (,) di Excel
    3. Klik Advance
      ubah tanda titik pada penulisan desimal
      Cara Mengubah Tanda Desimal (,) di Excel
      Dari gambar di atas, (perhatikan yang dikotak merah!
      • Decimal seperator isi koma (,) pada kotak yang disediakan
      • Thousand seperator isi titik (.), pada kotak yang disediakan
    4. Selesai.

    Bila dapat dilakukan dengan benar, maka secara default atau secara otomatis, ketika kita hendak membuat angka desimal pada program office excel kita, akan muncul dengan tanda koma (,), dan itu juga tanda titik untuk memisahkan bilangan ratusan dengan ribuan.

    Seperti penulisan bilangan pecah setengah atau 1/2 biasanya ditertulis 0.5 dan akan secara otomatis akan menjadi 0,5 setelah melakukan perubahan sebagaimana tutorial di atas. Begitu pula dengan bilangan ratusan, secara default tertulis untuk seribu lima ratus sebagai 1,500.00 akan muncul dengan penulisan 1.500,00

    Bila ada pertanyaan silakan, luangkan waktu menulis di kolom komentar di bawah.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......