2 langkah mudah Memunculkan lambang Rp Rupiah Microsoft Excel

    Anda bingung ingin memunculkan icon Rp. atau rupiah secara otomatis di cell mikrosoft excel? ARtikel ini akan memberikan panduan sebagai jawaban dari kegelisahan Anda.

    Dengan terbukanya posting ini berarti dengan begitu pula Anda sedang memerlukan informasi berhubungan dengan memunculkan lambang RP (rupiah) di microsoft exel.

    Oklah, kali ini diposting tentang cara memunculkan lambang Rp (rupiah) di Microsoft Office Exel®, dulu pernah diposting juga tentang cara menambah baris tulisan dalam satu shell di Excel yang bisa dilihat di menambah bidang ketik dalam satu shell.

    gambar membuat Rupiah
    Langkah Membuat Tulisan (Rp) Rupiah

    Mari kita lanjutkan lagi, kembali ke topik posting kita. Memunculkan lambang Rp (rupiah) di exel, biasanya dipergunakan ketika membuat laporan penggunaan dana. Baik itu organisasi tingkat RT/RW maupun laporan dalam tingkat yang lebih tinggi. Tentunya format laporan dalam exel ini dapat dibuat secara sederhana atau dalam format yang lebih rumit.

    Memunculkan lambang Rp (rupiah) di Microsoft Office Exel, sebenarnya sangat mudah. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

    1. Setelah membuka Microsoft Office Exel, taruhlah crusor pada shell dimana lambang Rp atau rupiah akan dimunculkan. Setelah itu, klik kanan mouse, sorot klik Format cell. Maka akan muncul dialog seperti gambar di atas.
      memunculkan lambang Rupiah
      Membuat lambang Rp Rupiah
    2. Dari dialog format cell yang muncul (perhatikan gambar di atas lagi), maka kliklah number kemudian sorot klik lagi accounting , dan secara otomatis dialog akan berubah sebagaimana digambarkan dalam ilustrasi di atas. Klik panah kecil yang terdapat diujung kolom symbol dan scroll mouse sedemikian rupa sehingga ketemu dengan Rp. Indonesia. Kemudian klik.

    Nah, bila langkah 1 dan 2 di atas dari langkah-langkah memunculkan lambang  Rp (rupiah) dilakukan secara benar, maka hasilnya akan tampak seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

    Catatan:

    • Parameter Decimal Place, ini digunakan untuk mengatur banyak angka yang dimunculkan setelah tanda titik (untuk menampilkan besaran sen)
    • Parameter ini bisa dibiarkan default, atau angka dua (lihat gambar di atas), bisa diatur menjadi angka 0, yang berarti nilai accountingnya ditulis dalam nilai rupiah terdekat. Misalnya Rp. 100,45 akan tertulis Rp. 100 saja karena banyaknya angka di belakang koma adalah nol (atau tidak ditulis)

    Bagaimana? Dapatkah dipahami ilustrasi di atas?
    Semoga saja dapat dipahami dengan baik, sehingga posting ini dapat membantu, paling tidak dapat dijadikan referensi tambahan dalam langkah memunculkan lambang Rp (rupiah) di Microsoft Office Exel.

    Bila ada koreksi dan pertanyaan, diperkenan untuk menulisnya di kolom komentar. Terima Kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......