Kasus Cyclopia Bayi Lahir dengan Mata Satu di Dunia

    Pada beberapa waktu yang lalu diberitakan bahwa, "Ada bayi bermata satu lahir di Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara." dilansir oleh Media online nasional.

    Kelahiran bayi bermata satu ini membuat masyarakat geger. Maklum, kasus lahir cacat seperti ini sangat jarang terjadi. Berdasarkan dailymail 4 diantara 1.000 kelahiran pada kasus kehamilan yang tidak penuh (9 bulan).

    Kasus Cyclopia di dunia
    Ilustrasi Kasus Cyclopia di dunia (pixabay.com)

    Apa penyebab kelahiran bayi yang tidak sempurna tersebut? Apakah kutukan?

    Kutukan atau tidak, tidak dapat diselidiki ataupun diamati. Itu bersandar hanya pada kepercayaan. Namun... ditengok dari sisi medis, ternyata ada jawaban yang sudah lama dikenal. Gejala atau kondisi bayi yang lahir tidak normal sebagaimana kejadian di Sumatera utara tersebut dikenal sebagai Cyclopia.

    Apa itu Cyclopia?

    Cyclopia adalah salah satu bentuk cacat lahir paling langka dan anak-anak yang lahir dengan kondisi ini sering meninggal dalam beberapa saat pertama setelah lahir. ... Anak-anak dilahirkan dengan hidung yang berfungsi dan begitu mereka lahir, bayi-bayi itu tidak memiliki kemampuan untuk bernapas di luar rahim dan dengan demikian mati dengan cepat.

    Cyclopia biasanya hadir dengan mata tunggal median atau mata yang sebagian dibagi dalam satu orbit, hidung tidak ada, dan belalai di atas mata. Malformasi ekstrasranial yang dijelaskan pada bayi lahir mati dengan cyclopia termasuk polydactyl, displasia ginjal, dan omphalocele.

    Cyclopia (juga cyclocephaly atau synophthalmia) adalah bentuk langka dari holoprosencephaly dan merupakan kelainan kongenital (cacat lahir) yang ditandai oleh kegagalan prosencephalon embrionik untuk membagi orbit mata menjadi dua rongga. Insidennya adalah 1 dalam 16.000 pada hewan yang lahir dan 1 dari 200 pada janin yang mengalami keguguran.

    Kelainan bawaan atau kelainan kongenital atau cacat bawaan adalah kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasil konsepsi sel telur. Kelainan bawaan dapat dikenali sebelum kelahiran, pada saat kelahiran atau beberapa tahun kemudian setelah kelahiran.

    National Library of Medicine, National Institutes of Health telah menerbitkan artikel tentang Cyclopia.

    Persentasi

    Biasanya, hidung hilang atau diganti dengan hidung yang tidak berfungsi. Deformitas ini (disebut belalai) biasanya terbentuk di atas mata pusat atau di belakang, dan merupakan karakteristik dari bentuk cyclopia yang disebut rhinencephaly atau rhinocephaly. Sebagian besar embrio seperti ini secara alami digugurkan atau lahir mati saat melahirkan.

    Meskipun cyclopia jarang terjadi, beberapa bayi manusia cyclopic dilestarikan di museum medis (misalnya Museum Vrolik, Amsterdam, Trivandrum Medical College).

    Beberapa kasus ekstrim siklopia telah didokumentasikan pada hewan ternak (kuda, domba, babi, dan kadang-kadang ayam). Dalam kasus seperti itu, hidung dan mulut gagal terbentuk, atau hidung tumbuh dari atap mulut yang menghalangi aliran udara, yang mengakibatkan mati lemas segera setelah lahir.

    Penyebab

    1. Cacat genetik atau racun dapat menyesatkan proses pembelahan otak depan embrionik. Salah satu toksin alkaloid teratogenik tinggi yang dapat menyebabkan cyclopia adalah siklopamin atau 2-deoxyjervine, ditemukan di tanaman Veratrum californicum (juga dikenal sebagai lily jagung atau hellebore palsu).
    2. Hewan penggembalaan paling mungkin untuk menelan tanaman ini dan menginduksi cyclopia pada keturunannya.
    3. Kesalahan manusia mengkonsumsi Veratrum californicum saat hamil sering karena semacam tumbuhan, tanaman yang tidak terkait dengan nama yang sama, direkomendasikan sebagai pengobatan "alami" untuk muntah, kram, dan sirkulasi yang buruk, tiga kondisi yang mungkin ada pada tahap awal. kehamilan.
    4. Cyclopia terjadi ketika protein tertentu diekspresikan secara tidak tepat, menyebabkan otak tetap utuh, daripada mengembangkan dua belahan otak yang berbeda. Hal ini menyebabkan janin memiliki satu lobus optik dan satu lobus olfaktorius, yang mengakibatkan malformasi mata dan hidung dari cyclopia.
    5. Regulator gen Sonic Hedgehog (SHH) terlibat dalam pemisahan bidang mata tunggal menjadi dua bidang bilateral. [11] Meskipun tidak terbukti, diperkirakan bahwa SHH yang dipancarkan dari pelat prechordal menekan Pax6, yang menyebabkan bidang mata untuk membagi menjadi dua. Jika gen SHH bermutasi, hasilnya adalah cyclopia, mata tunggal di pusat wajah (Gilbert, 2000). Kasus terkenal

    Catatan Kasus Cyclopia

    Pertama - Sebuah deskripsi Inggris dari 1665 seekor anak kuda yang tampaknya menderita cyclopia berbunyi: Pertama, Bahwa tidak ada tanda-tanda hidung di tempat biasa, juga tidak ada, di tempat lain di Kepala, kecuali CC Bagg ganda yang tumbuh dari tengah dahi, adalah beberapa kelemahannya. Selanjutnya, Bahwa kedua Mata disatukan menjadi satu Mata Ganda yang ditempatkan tepat di tengah-tengah alis.

    Kedua -Pada 1 Maret 1793, seorang wanita 46 tahun di Boalts Torp, GlimÄkra, Swedia melahirkan seorang anak dengan cyclopia yang meninggal setelah 2 jam. Anak itu panjangnya 35 cm, wajahnya tanpa hidung dan lubang hidung, dan mata tanpa penutup tanpa alisnya terangkat di tengah dahinya seperti blueberry besar. Pergelangan tangan agak bengkok serta kaki kanan yang benar-benar bengkok dan membungkuk ke dalam. Tidak jelas apakah itu laki-laki atau perempuan, tetapi diyakini sebagai yang pertama.

    Ketiga - Pada tanggal 28 Desember 2005, anak kucing dengan cyclopia, "Cy", lahir di Redmond, Oregon, Amerika Serikat dan meninggal sekitar satu hari setelah lahir.

    Keempat - Pada tahun 2006, seorang bayi perempuan di India dengan cyclopia lahir. Satu-satunya matanya berada di tengah dahinya. Dia tidak memiliki hidung dan otaknya menyatu menjadi satu belahan otak. Anak itu meninggal satu hari setelah kelahirannya.

    Kelima - Pada tahun 2011, janin hiu cyclops ditemukan di tubuh hiu yang tertangkap di Meksiko, tanpa hidung yang dapat dilihat dan satu mata raksasa. Janin yang belum lahir diserahkan untuk studi medis.

    Keenam -Pada 10 Oktober 2012, anak kucing kecil lahir. Matanya berada di tengah dahi dan tidak ada hidung yang dikembangkan untuk ditemukan. Kucing kecil itu mati tak lama setelah lahir. Itu dijuluki Cleyed Cyclops.

    Ketujuh - Pada 10 Mei 2017, di Assam, India, kambing hitam lahir dengan satu mata dan kelainan wajah terkait siklus cyclopia lainnya. Itu dilaporkan masih hidup lebih dari seminggu kemudian, yang tidak biasa untuk kondisi ini.

    Kedelapan -Seorang bayi dilahirkan hanya dengan satu mata di dahinya di Kota El Senbellawein, Mesir. Bayi ini dikabarkan tidak akan bertahan lebih dari beberapa hari. Bayi malang ini terlahir di rumah sakit Mesir yang berada di Kota El Senbellawein. Bayi terlahir dengan kondisi bermata satu yang terletak di bagian keningnya.

    Kesembilan -Pada 13 September 2018, di Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia. Bayi dengan cyclopia lahir tanpa hidung dan satu mata dengan berat 2,4 kg dan denyut jantung di bawah 100 bpm. Anak itu meninggal tujuh jam setelah lahir.

    Sumber : cyclopia, Cyclopia di mesir


    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......