10 Fakta tentang HIV/AIDS

    10 fakta tentang HIV/AIDS yang sangat penting diketahu.
    Bulan Mei disepakati dunia sebagai Peringatan Hari AIDS sedunia. Berhubungan dengan Hari AIDS sedunia itu, kali ini ingin berbagi kepada pembaca semua tentang HIV/AIDS.

    Setelah pada artikel yang lalu membahas secara lengkap tentang pengertian, tanda-tanda dan gejala HIV/AIDS, maka untuk menambah wawasan berkaitan dengan Hari AIDS sedunia diterbitkan artikel dengan judul 10 Fakta Tentang HIV/AIDS. Sebuah artikel terjemahan dari situs Badan Kesehatan Dunia(WHO)

    10 Fakta tentang HIV/AIDS
    10 Fakta HIV/AIDS. Sumber pixabay.com

    Dengan mengetahui cara Penularan dan Pencegahan HIV/AIDS, pada artikel 10 Fakta tentang HIV/AIDS ini, pembaca diajak untuk mengetahui Situasi HIV/AIDS di dunia.

    10 Fakta tentang HIV/AIDS

    1. HIV Menginfeksi Sel Immune (sel kekebalan tubuh ).
    2. FAkta HIV/AIDS yang pertama. HIV adalah hasil infeksi pada kerusakan progresif dari sistem kekebalan tubuh, berhentinya kemampuan tubuh untuk menangkis beberapa infeksi dan penyakit lainnya. AIDS (Acquired immune deficiency syndrome) mengacu pada tahap paling maju dari infeksi HIV, yang didefinisikan oleh terjadinya salah lebih dari 20 infeksi oportunistik atau kanker terkait.
    3. HIV dapat ditularkan melalui beberapa cara
    4. Fakta Kedua, HIV dapat ditularkan melalui:
      • hubungan seksual tanpa kondom (vaginal atau anal) atau oral dengan orang yang terinfeksi;
      • transfusi darah yang terkontaminasi;
      • berbagi jarum terkontaminasi, jarum suntik atau alat tajam lainnya;
      • transmisi antara ibu dan bayinya selama kehamilan, melahirkan dan menyusui.
    5. 35 juta orang hidup dengan HIV di seluruh dunia
    6. Fakta Ketiga, secara global, diperkirakan 35,0 juta (33,2-37200000) orang hidup dengan HIV pada tahun 2013, dan 3,2 juta (2,9-3500000) ini adalah anak-anak. Sebagian besar orang yang hidup dengan HIV di negara-negara berpenghasilan rendah sampai menengah. Diperkirakan 2,1 juta [1,9-2400000] orang yang baru terinfeksi virus pada tahun 2013.
    7. HIV Merupakan infeksi pembunuh terkemuka di dunia
    8. Fakta, Diperkirakan 39 juta orang telah meninggal disebabkan karena AIDS sampai detik ini (tahun 2013) termasuk 1,5 juta (1,4-1.700.000) pada tahun 2013.
    9. Ada beberapa cara untuk mencegah penularan HIV
    10. FAkta Kelima, Cara kunci untuk mencegah penularan HIV:
      • Mempraktekkan perilaku seksual yang aman seperti menggunakan kondom;
      • Lakukan tes dan pengobatan bila terinfeksi PMS (Penyakit Menular Seksual), termasuk HIV;
      • Menghindari suntikan obat, atau jika Anda melakukannya, selalu menggunakan jarum suntik baru dan sekali pakai;
      • Memastikan bahwa setiap darah atau produk darah yang mungkin Anda butuhkan diuji untuk HIV.
    11. Kombinasi terapi antiretroviral (ART) mencegah virus HIV berkembang dalam tubuh
    12. Fakta Keenam , Jika reproduksi virus HIV berhenti, maka sel-sel kekebalan tubuh dapat hidup lebih lama dan memberikan tubuh dengan perlindungan dari infeksi. Jika pasangan HIV positif melakukan terapi ART, kemungkinan penularan melalui hubungan seksual dengan pasangan HIV-negatif menurun secara drastis sampai 96%.
    13. Hampir 2 juta orang HIV-positif memiliki akses Terapi ART di negara berpenghasilan rendah dan menengah pada 2013
    14. Fakta Ketujuh, Mencapai tujuan pengobatan untuk semua pengidap HIV masih menjadi tantangan besar. Sekitar 85% dari semua orang yang hidup dengan HIV yang memenuhi syarat untuk ART, sesuai dengan kriteria pengobatan pada 2013 Pedoman konsolidasi WHO.
    15. Diperkirakan 3,2 juta anak hidup dengan HIV
    16. Fakta Kedelapan. Menurut data tahun 2013, dari anak-anak yang hidup dengan HIV paling banyak tinggal di sub-Sahara Afrika dan terinfeksi oleh ibu HIV-positif selama kehamilan, melahirkan dan menyusui. Lebih dari 240 000 anak (210 000-280 000) terinfeksi HIV baru pada tahun 2013.
    17. Penularan HIV dari Ibu ke anak hampir secara keseluruhan dapat dihindari
    18. Fakta Kesembilan. Akses untuk intervensi pencegahan masih terbatas di banyak negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Tapi kemajuan telah dibuat di beberapa daerah seperti pencegahan penularan dari ibu ke anak dan menjaga ibu hidup. Pada 2013, 7 dari 10 wanita hamil yang hidup dengan HIV - 970 000 perempuan - menerima ARV.
    19. HIV merupakan faktor risiko terkuat mengembangkan penyakit TB aktif
    20. Pada 2013, sekitar 360 000 kematian dari TB terjadi di kalangan orang yang hidup dengan HIV. Itulah salah satu keempat diperkirakan 1,5 juta kematian dari HIV pada tahun itu. Mayoritas orang yang hidup dengan HIV dan TB berada di sub-Sahara Afrika (sekitar 78% dari kasus di seluruh dunia) sebagai fakta yang kesepuluh.

    Itulah 10 fakta tentang HIV/AIDS. Semoga dengan artikel 10 fakta tentang HIV/AIDS ini kita dapat lebih peduli terhadap kesehatan diri maupun lingkungan.
    Sumber WHO

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......