Mengenal Gempa Bumi

    Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Mengenal gempa bumi maksudnya adalah mengamati dan mencari tahu apa penyebab dari gempa bumi tersebut. Disamping itu, mengenal gempa bumi juga untuk memberikan penyegaran kembali tentang gejala-gejala dan wujud fisik bumi serta lingkungan sekitar.

    Masih ingat pelajaran di SMP/SMA tentang gugusan gunung berapi di Indonesia bahkan dunia? Indonesia yang terletak di dua samudra besar, yaitu samudara India dan Samudra Pasifik, dengan diapit dua benua, yaitu benoa australia dan Asia - Indonesia tepatnya berada di asia tenggara- membuat Indonesia berada dalam kawasan yang sangat trategis dari sisi ekonomi dan merupakan perpaduan dari dua benoa dilihat dari sisi hewani dan botani. Secara geologis, yang diapit dua benoa, mempengaruhi struktur geografis dan geologis seperti musim, dan gejala geografis lainnya seperti gempa.

    Gempa bumi
    Simulasi Terjadinya Gempa Bumi

    Secara umum, gempa bumi terjadi karena disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa Bumi akan terjadi. Alat untuk mengukur gempa bumi adalah seismometer.

    Berdasarkan jenisnya gempa bumi dibedakan menjadi : gempa bumi tektonik, vulkanik, tumbukan, runtuhan, buatan, dan berdasarkan kedalamannya dapat dibedakan menjadi gempa bumi dalam, gempa bumi menengah, dan gempa bumi dangkal.

    Indonesia yang berada di dua sabuk gunung berapi yaitu sabuk austronesia, dan austroasia menyebabkan Indonesia berada pada wilayah yang paling memungkinkan terjadinya gempa bumi. Sejak tercatatnya kejadian gempa bumi di Indonesia telah terjadi ratusan gempa baik yang kecil maupun sedang, bahkan gempa yang sampai meluluh lantakkan bangunan. Masih ingat gempa Aceh yang menimbulkan tsunami, begitulah kekuatan gempa memempengaruhi lingkungan secara geologis dan menimbulkan dampak bencana yang lebih dramatis. Inilah daftar gempa bumi dan daftar kategori gempa yang pernah terjadi di Indonesia.

    Dalam periode tahun 2013 sudah sering sekali merasakan terjadinya gempa, khususnya gempa yang dirasakan di Pulau Bali. Gempa terasa di Bali, yang pusat gempanya berada di selatan Pulau Jawa, 3 minggu lalu terjadi gempa juga yang pusatnya di Barat Laut Pulau Lombok. Bagaimana di daerah Anda?

    Situs sumber :https://id.wikipedia.org/wiki

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......