Cara Membuat Daftar Isi Benar dan Rapi

    Cara Membuat Daftar Isi yang Benar dan Rapi di Microsoft Office Word - Membuat daftar isi untuk skripsi, membuat daftar isi untuk makalah, membuat daftar isi untuk laporan-laporan, tips membuat daftar isi yang akan dibagikan kali ini.

    Mengapa membuat daftar isi untuk karya tulis, penting?

    Karena salah satu fungsi daftar isi adalah sebagai panduan pembaca untuk mengetahui pokok-pokok artikel atau pokok pikiran dari laporan yang dibuat.

    Tidak pula ketinggalan, daftar isi dapat dijadikan panduan bagi pembaca bahkan penulis untuk mengetahui bagian-bagian batang tubuh dari tulisan dan karya tulisnya.

    ARtikel ini adalah tips membuat daftar isi di microsoft office word secara manual, untuk skripsi maupun laporan.

    Disamping cara ini, kita dapat pula membuat daftar isi secara otomatis. Baca di sini.

    Langkah-langkah yang dipaparkan pada tutorial berikut, adalah langkah-langkah membuat nomor halaman. Membuat ataupun menata daftar isi sehingga daftar isi dari makalah atau tulisan yang kita buat tampak rapi dan memikat mata.

    Membuat daftar isi makalah ataupun karya tulis ilmiah mudah caranya, tinggal diketikkan saja judul ataupun sub judul yang ingin dicantumkan ke dalam daftar isi. Ada beberapa cara dalam membuat daftar isi. Kali ini adalah langkah membuat perataan nomor halaman daftar isi baik makalah maupun skripsi.

    Nah inilah langkah-langkah yang penting membuat nomor halaman pada daftar isi. Perhatikan gambar-gambar berikut!

    cara membuat daftar isi
    Membuat daftar isi
    1. Langkah 1 : Ketik judul dan sub judul bab seperti gambar di atas
      Cara menata daftar isi
    2. Langkah 2: Blok semua judul dan sub judul bab yang telah dibuat, kemudian klik kanan mouse sorot klik paragraf. Atau anda pengguna Microsoft Office Word 2010 ke atas, dapat pergi ke Home | kemudian pada group paragraf, klik panak kecil di pojok kiri bawah group paragraf.
    3. Langkah 3: Kemudian muncul Paragraph dialog seperti gambar di atas, klik tabs. Kita tidak perlu melakukan pengaturan apa-apa di langkah ini, mengklik tombol Tabs di menu.
    4. Langkah 4: Ini merupakan langkah yang paling penting dari tutorial membuat penataan nomor halaman pada daftar isi. Pada kolom tab stop position isilah angka tertentu sesuai dengan ujung akhir titik-titik dari daftar isi kita. Pada kolom alignment merupakan perataan penulisan nomor halaman daftar isi kita. Pada kolom leader untuk menentukan jenis yang akan kita pakai antara penulisan judul dengan nomor halaman yang kita buat (ada non, ada titik-titik ada garis putus-putus, ada slash/garis datar di bawah huruf) Perhatikan tanda panah merah dari gambar di atas. Setelah selesai kemudian kliklah OK!
    5. Langkah 5: Setelah kita keluar dari Paragraph dialog maka pada lembar kerja akan terdapat dua tanda indentasi paragrap atau Tabs Stop berupa tanda siku-siku seperti yang ditunjukkan dalam gambar.
      Membuat daftara isi yang benar
      Nah, sekarang kita tinggal menghentak tab di keyboar untuk membuat nomor halaman pada daftar isi. Tab pertama akan memunculkan titik-titik yang jatuh pada tanda paragraf sebelah kiri dan halaman angka atau halaman romawi akan rata kiri tanda paragraph yang paling kanan.

    Nah, itulah yang dapat disharing tentang cara membuat nomor halaman atau daftar isi pada microsoft office WORD.
    moga bermanfaat. Kalo ada pertanyaan, serta saran kritik, silakan masuk ke komen. Mudah-mudahan saya bisa membantu.
    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......