4 Kunci Membuat Kata Pengantar

    4 kunci membuat kata Pengantar pada posting ini adalah memuat tentang 4 hal yang selayaknya diperhatikan ketika menyusun atau membuat kata pengantar. Walau bagaimanapun, kata pengantar sangat dibutuhkan untuk mengantarkan sebuah karya tulis, misalnya PTK (Penelitian Tindakan Kelas) maupun PKP (Peningkatan Kemampuan Profesional), dan bagi Guru yang menyusun Best Practice.

    Pada posting ini diberikan sebuah contoh kata pengantar yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam membuat kata pengantar untuk makalah-makalah. Pada akhir artikel ada link untuk mendownloadnya.

    Sebelum mendownload kata pengantar makalah, sebaiknya kita mengetahui dulu walaupun sedikit tentang apa yang dimaksud dengan kata pengantar itu sendiri. Tujuannya agar nantinya setelah membaca artikel ini mampu menyusun kata pengantar secara mandiri, bukan hasil copas belaka. Hasil karya murni dari curahan kreatifitas dan dedikasi pemikiran yang asli mampu mengangkat percaya diri dan itu menjadi sebuah pengalaman yang dapat ditularkan kepada orang lain.

    Kata pengantar,menurut https://artikata.com/arti-358087-pengantar.html pengantar mempunyai makna:

    1. orang yg mengantar(kan); source: kbbi3
    2. alat untuk mengantar(kan); source: kbbi3
    3. pembimbing; source: kbbi3
    4. pandangan umum secara ringkas sbg pendahuluan (mengenai isi buku, ceramah, dsb); kata pendahuluan: ~ ilmu hukum; source: kbbi3
    Contoh kata pengantar
    Contoh Kata pengantar

    Merujuk pada arti kata "pengantar" yaitu yang mengantar, maksudnya mengantar sebuah karya tulis kepada para pembacanya.
    "Kata" dalam hal ini merujuk pada makna gramatikal yang menunjukkan susunan kata berupa kalimat-kalimat yang dirangkai sedemikian rupa guna memberikan pandangan secara umum kepada pembaca untuk dapat mengetahui isi makalah, baik judul serta latar belakang makalah itu disusun.

    Ketika hendak menyusun atau membuat kata pengantar sebaiknya empat kunci di bawah ini layak dijadikan konsen. Dituliskan ada 4 kunci, keempat kunci atau konsen itu antara lain :

    1. Judul, berupa "KATA PENGANTAR". Huruf yang dipakai keseluruhannya kapital atau disesuaikan dengan format penulisan karya tulis secara keseluruhan.
    2. Ucapan puji syukur. Paragraf pertama dari kata pengantar umumnya memuat tentang ucapan pujian dan rasa syukur penulis kepada TYME karena telah mampu merampungkan hasil karyanya. Pada paragraf pertama ini juga disinggung tentang judul karya tulis dan tujuan penyusunannya
    3. Ucapan terima kasih, diletakkan pada paragraf kedua dari kata pengantar. Ucapan terima kasih ini merupakan ungkapan bahagia dan ekspresi penulis kepada pihak-pihak yang dirasa telah memberikan mulai dari orang terdekat, para guru/dosen serta pembimbing, hingga mereka-mereka yang memberikan kontribusi sehingga hasil karya itu dapat diwujudkan.
    4. Paragraf ketiga, termuat secara ringkas, padat dan jelas tentang harapan penulis terhadap para pembaca karya tulisnya, baik itu berupa manfaat maupun masukkan.

    Pada akhir dari kata pengantar ingat mengisi tempat dan waktu penyusunan.
    Demikian 4 kunci menyusun kata pengantar yang memuat pandangan umum secara ringkas padat. Keempat kunci ini sebaiknya diketahui agar dapat membuat kata pengantar yang baik dan representatif.

    Bila mau melihat contohnya, berikut diberikan link untuk mendowload sebuah contoh kata pengantar. Semoga dapat dijadikan referensi.
    Silakan Download contoh kata pengantar.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......