Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Makalah Skripsi

    Cara membuat nomor halaman berbeda pada makalah skripsi atau membuat halaman yang berbeda antara cover dan isi makalah skripsi atau membuat halaman dengan angka romawi dan angka arab berada pada satu file ini merupakan tutorial microsoft word lanjutan dari tutorial terdahulu yang berbicara tentang cara membuat halaman makalah skripsi.

    Mari kita lanjutkan.

    Masih banyak yang membuat karya tulis khususnya makalah atau skripsi menyimpan file antara cover, daftar isi dan seterusnya secara terpisah dengan isi makalah itu sendiri (Bab I, Bab II, dan seterusnya). Hal ini terjadi karena belum dapat membuat model penomeran halaman berbeda pada satu file microsoft word.

    bagaimana cara membuatnya? Nah.... Tutorial ini disusun untuk memberikan referensi bagi yang membutuhkan sehingga nantinya mereka dapat membuat penomeran halaman yang berbeda berada dalam satu file microsoft word.

    Nomor Halaman
    Membuat Nomor Halaman Berbeda

    Membuat penomeran yang berbeda ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

    1. Langkah 1
    2. Insertlah nomor halaman . Pada Format Page Number pilihlah angka romawi terlebih dahulu.Pada langkah ini semua halaman mempunyai format penomeran angka romawi kecil (i, ii, iii, dan seterusnya). Bila itu terjadi, maka langkah 1 ini telah benar. Untuk penjabaran yang jelas baca cara membuat halaman makalah skripsi. Silakan lanjut ke langkah 2.
    3. Langkah 2
    4. Letakkan cursor mouse di ujung kiri atas. Biasanya pada sebelah kiri tulisan BAB. Atau pada baris teratas dari lembar halaman di mana kita akan memulai dengan model penomeran halaman dengan angka latin (1, 2, 3 dan seterusnya).
    5. Langkah 3
    6. Setelah meletakkan cursor/mouse pada halaman yang dimaksud sebagaimana langkah 2, selanjutnya klik pada Page Layout | Break | Next page. Pada langkah 3 ini, tidak ada perubahan apapun yang tampak pada lembar kerja word kita. Itu normal saja.
    7. Langkah 4
    8. Setelah langkah 3 di atas, lakukan kembali langkah 1. Klk Insert | page number dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
      • Pada saat melakukan : Insert | Page number | Format Page number, pilihlah angka (1, 2, 3, ....) dengan mengklik di Format page number Dialog.
      • Pada bagian bawahnya perhatikan kolom Start at, isikan angka 1
      • Terakhir eksekusi "OK".

    Setelah melakukan semua langkah di atas, maka halaman cover sampai halaman sebelum bab akan diisi halaman dengan angka romawi kecil, dan mulai Bab I, Bab II dan seterusnya, akan terisi angka arab 1, 2, 3 dan seterusnya.

    Nah pertanyaan kemudian muncul, bagaimana cara menempatkan nomor halaman tersebut di bagian pojok kanan atas misalnya? Hal ini akan dibahas pada artikel lain.

    Bagaimana, dapatkah dipahami? Cobalah mengikuti langkah cara membuat nomor halaman berbeda ini dengan pelan-pelan. Perhatikan langkah 2 dan 3 di atas yang menjadi "kunci" tutorial ini. Bila ada kendala dan masih bingung silakan masukkan di kolom komentar.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......