Antar Muka Microsoft Office 2010

    Belajar tentang Microsoft Office Khusus versi 2010, membutuhkan pengetahuan yang cukup. Dengan pengetahuan itu, kita dapat mempergunakan aplikasi atau program tersebut dengan baik dan efisien

    Sekarang ini saya hendak menerangkan antarmuka microsoft office word 2010. Disini saya memakai Microsoft Office Word 2010, sebab masih banyak yang memanfaatkan versi atau type ini. Sesungguhnya saat postingan ini ditulis telah terdapat 3 tipe diatasnya yakni Word 2013 serta Word 2016 dan versi 365. Memanglah terdapat perbedaan, sebab setiap tipe sering terdapat transformasi atau perubahan. Baik dari antarmuka, fitur, serta revisi bug. Secara mendasar tidak terdapat perbandingan yang sangat signifikan atau berarti, seluruh menu utama masih sama persis seperti versi sebelum-sebelumnya.

    Memahami Antarmuka Office Word

    Apabila Anda sempat memakai aplikasi word versi terdahulu, maka tidak bakal menemui banyak kesusahan dalam mengidentifikasi atau mengenali antarmuka microsoft office word, lapisan menu pada antarmuka Word versi- versi terkini. namun bagi yang baru belajar microsoft office word tidak ada salahnya buat mengetahui lebih jauh bagian serta fungsi- fungsi menu yang terdapat aplikasi pengolah teks ini. Dengan tujuan biar tiap pekerjaan yang kamu buat bus dituntaskan dengan metode yang maksimal.

    Artikel Antar Muka Microsoft Office 2010 ini, merupakan kelanjutan dari artikel lalu, yaitu Pengetahuan Dasar Microsoft Office 2010. Artikel itu berisi secara ringkas mengenai produk Microsoft Office 2010 diluncurkan

    Antar Muka Microsoft Office 2010
    Antar Muka Microsoft Office Word 2010.

    Seperti terlihat pada gambar ilustrasi di atas, merupakan tampilan antar muka dari Microsoft Office Word 2010. Untuk Microsoft Office Excell, dan PowerPoint, akan ditampilkan pada artikel lain.

    Title bar

    Title bar ataupun baris judul berisi data nama file serta program aplikasi yang lagi dipakai. Misalnya, nama file yang lagi digunakan secara default adalan document1 serta program yang digunakan adalah microsoft word.

    Quick Access Toolbar

    Antar Muka Microsoft Word 2010
    Antar muka Microsoft Word 2010 : Quick Access Bar

    Quick Access Toolbar merupakan salah satu antarmuka baru pada micorosoft Office 2010 ke atas. Menu ini memiliki fitur yang sama dengan toolbar pada Microsoft Word versi lebih lawas, berisi tombol menu shortcut yang kerap dipakai untuk mempercepat sebuah commands.

    Secara dafault, antar muka Microsoft Office 2010, tersaji Toolbar Quick Access Ribbon yang paling pojok kiri atas, dan dibagian pojok kanan atas ada menu Minimize, Display, dan Close untuk menutup aplikasi. Di tengah-tengah antara kedua menu tersebut adalah nama dokumen yang sedang aktif.
    Lebih jauh tentang Quick Access Toolbar, dapat dibaca di link ini.

    Kemudian diikuti dengan Menu ribbon tepat di bawahnya Toolbar Quick Access. Secara default juga, menu yang aktif adalah Home, diikuti dengan Menu format terbentang di bawahnya. Kemudian, bidang warna putih merupakan lembar dokumen atau bisa disebut bidang kerja. Pada bidang kerja tersebutlah tempat kita mengerjakan dokumen yang hendak kita buat.

    Ruler atau Penggaris

    Tepat di atas bidang kerja ada ruler yang dapat digunakan sebagai petunjuk untuk ukuran kertas dari bidang kerja tersebut. Ruler dibagi jadi 2, ruler melintang atau seing disebut horizontal ruler serta ruler tegak lurus atau yang sering disebut vertical ruler.

    • Horizontal ruler/ruler melintang digunakan buat mengamati ataupun melihat dengan lebih akurat obyek yang sedang dikerjakan, terhadap bidang kerja atau kertas pada ukuran yang sesungguhnya.
    • Vertical Ruler atau ruler tegak lurus. Manfaat dari ertical ruler, kita dapat memastikan batas atas ataupun batas bawah bidang kerja. Patut diingat, bahwa wajib terlebih dulu menseting atau disesuaikan dengan ukuran kertas yang dipakai bila dokumen tersebut dibutuhkan untuk dicetak nantinya.

    Status Bar/View Bar

    Antar Muka Microsoft Office 2010
    Antar Muka Microsoft Office 2010

    Di bagian bawah dari antar muka adalah status bar di bagian kiri,yang terdiri dari Page: (merujuk pada jumlah halaman) dari dokumen, word (menunjukkan jumlah kata dari dokumen yang dibuat. Dan di bagian kanan Status Bar ada view, yang terdiri dari dokument view dan zoom yang berupa slider.

    Antar Muka Word 2010
    Antar Muka Microsoft Word 2010 : View dan Zoom

    Sebelum menggunakan Microsoft Office Word 2010, minimal kita tahu tentang menu apa saja yang ada serta dapat dipergunakan. Di samping itu, penting juga mengetahui menu tersebut mempunyai menu format apa saja, sehingga nantinya dapat menggunakan program ini dengan lebih baik dan efisien. Misalnya Menu Home memiliki format menu dalam group seperti clipboar, font, paragraf, style dan editing.

    Pada artikel selanjutnya, kita akan bahas secara spesifik lagi dari menu-menu yang ada di Microsoft Office word 2010, walaupun secara umum tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yaitu Microsoft Ofice Word 2007 yang dukungannya telah berakhir.

    Demikian, sampai disini dulu, kita lanjutkan pada artikel lain dari blog ini. Bila ada pertanyaan atau membutuhkan tutorial seputar microsoft office word, silakan masukkan di kolom komentar.
    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    1 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......