Membuat titik dua (:) sejajar tegak lurus

    Hallo, pada kesempatan ini, kita akan membuat tutorial cara atau teknik menyusun segitiga eh bukan, titik dua, agar tegak lurus tersusun rapi dalam 1 (satu) garis lurus.

    Tutorial ini diperuntukkan bagi mereka yang sedang membuat nama tag, membuat cv atau riwayat hidup di aplikasi microsoft office word. Versi berapapun, tutorial berikut dapat diaplikasikan. Baik office 2007, versi 2010, lebih baik lagi microsoft word versi 2013, bahkan versi 2016 365 pun, tutorial ini masih dapat dipergunakan.

    Disamping itu,dalam membuat surat menyurat juga sangat berguna -penting- artikel ini. Anda akan jadi tahu bagaimana menyusun titik dua menjadi tegak lurus dengan cara yang mudah dan gampang.

    Ok...lah, mari kita mulai obrolan kita.

    Pada tutorial ini, secara khusus tutorial word ini boleh diaplikasikan pada bidang kosong, - maksudnya dokumen baru-, maupun bidang kerja atau dokumen yang sudah ada atau berisi karakter ketikan, sama saja. sama-sama boleh.

    Dalam pengaplikasiannya di dokumen word, sangat mudah dan gampahg.

    Pertama-tama buatlah dokumen, atau tentukan dokumennya. Ketika sudah akan mengetik titik dua (:) lakukan pemisahan dengan menggunakan tabs, silakan memencet tombolnya di keyboard.

    Setelah dirasa cukup, atau secara keseluruhan selesai mengetik semua isi dokumen, seleksi atau blok bagian dokumen yang ada titik dua seperti yang dimaksud pada awal artikel ini.

    Kemudian, masukklah ke menu home, kemudian sorot paragraf. Pada ribbon paragraph group, lihat ada segitiga kecil di pojok kanan bawah. Klik segitiga kecil tersebut, dan kemudan muncul top up menu sebagai berikut

    Membuat titik dua rapi
    Langkah membuat Titik Dua Sejajar Rapi,

    Setelah itu, klik tombol tabs, pada bagian bawah menu.

    Kemudian pada menu tab tersebut yang meuncul aturlah posisi titik dua (:) yang dikehendaki dalam cm (centimeter). Misalnya 3 cm. Maka ketika kita klik set dan ok, maka posisi titik dua akan berada di 3 cm dari kiri ke arah kanan. Sama dengan tab stop akan berada 3 cm dari margin kiri lembar kerja. Buat setting ukuran yang kedua, misalnya di 3,5 cm, ini berguna sebagai posisi awal huruf pertama setelah titik dua yang kita buat tadi.

    Cara membuat titik dua rapi
    Langkah membuat titik dua sejajar rapi

    Demikan seterusnya, jika ingin membuat lebih banyak tabs stop, boleh mensetting ukuran yang lain. Hal yang perlu diingat, bahwa setiap memulai menulis kalimat setelah tanda titik dua (semicolomn) dipisah dengan tab. Perhatikan tanda tab stop pada gambar berikut. Jika, kita menambah lebih dari dua, maka tanda tab stop akan muncul menyesuaikan.

    Cara membuat titik dua yang sejejar rapi

    Ada hal sangat penting yang perlu disampaikan pula, bahwa ketika kita menulis kalimat yang cukup panjang setelah titik dua tadi, maka sambungan dari kalimat panjang tadi, akan berada di sebelah kiri dari titik dua yang kita tentukan. Kemudian, untuk mensetting agar kalimat panjang tadi tampak jadi lebih rapi, maka kita harus mengatur indentasinya.

    Apa itu indentasi? Secara sederhana, indentasi adalah kesejajaran dari rangkaian tulisan terhadap acuan kiri dari lembar kerja atau dokumen microsoft word. Perhatikan gambar berikut!

    Membuat titik dua sejajar rapi

    Dari gambar di atas, perhatikan pada baris alamat. Di gambar, tulisan setelah titik dua (:) menghabiskan tempat sampai 2 baris di bawahnya. Nah, ini perlu satu langkah lagi agar mendapatkan tulisan yang benar-benar rapi. Berikut caranya.

    Pertama, seleksi semua bagian dari dokumen yang ada titik duanya. Atau, tempatkan cursor pada baris yang akan diberikan sentuhan indentasi-hangging, jika tidak seluruh dokumen.

    Kemudian pergi ke ribbon menu, klik Home | Paragraf| klik segitiga kecil yang ada. (perhatikan segitiga kecil di pojok kanan bawahnya). Kita akan dihadapkan pada menu seperti gambar berikut.

    Membuat titik dua sejajar rapi

    Perhatikan pada bagian Indentation. Pada bagian Special atur di hanging dan di bagian By ukuran disetel sesuai dengan ukuran huruf pertama setelah titik dua. Dalam tutorial ini adalah 3,5 cm. Kemudian klik Ok.

    Dengan demikian, kita akan mendapatkan hanging yang tepat seperti yang kita harapkan, dalam contoh dalam tutorial ini adalah 3,5 cm.

    Demikian, seluruh obrolan kita kali ini. Jika ada pertanyaan, silakan masukkan di kolom kementar. Terima kasih

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......