Padamu Negeri : Melengkapi data PTK

    Padamu Negeri: Melengkapi Data PTK. Dalam tulisan kali ini, kita mencoba untuk membahas bagaimana langkah dalam melengkapi data PTK dalam situs padamu negeri. Bagi PTK yang sudah verifikasi formulir A03 ke admin dinas, maka akan mendapat formulir A01. Nah setelah mendapatkan formulir A01 ini, pihak Admin sekolah akan melakukan verifikasi formulir A01 ini dengan login ke akun sekolah masing-masing. Setelah verifikasi form A01, PTK menerima formulir S02b yang berisi NUPTK dan kode aktivitas. Fomulir ini dipegunakan untuk aktifasi akun padamu negeri PTK. Sebelum melengkapi data PTK, masing-masing PTK harus mengaktifkan dulu akun PTKnya. Akun PTK umumnya berbentuk NONUPTK@siap.id dan diminta untuk mencantumkan password yang digunakan saat login nantinya. Nah setelah mempunyai ID inilah PTK baru bisa untuk melengkapi sendiri data PTKnya secara online.

    Apa saja yang dibutuhkan atau yang perlu disiapkan dalam melengkapi data PTK
    1. Siapkan kartu KK Anda, karena nanti berhubungan dengan NIK Anda sendiri, NIK anak (bila ada), dan NIk suami/istri (bila sudah menikah) termasuk tanggal lahir anggota keluarga Anda.
    2. Ijazah SD dan ijazah terakhir Anda
    3. SK CPNS, PNS, SK mutasi, SK golongan, SK Gaji terakhir (berkala),
    4. Bila masih kuliah siapkan data-data tentang tempat kuliah, tahun mulai kuliah, fakultas dan jurusan perkuliahan Anda
    4. Data Anak tentang jenjang pendidikan dan tahun memasuki jenjang pendidikan tersebut.
    Sekiranya hanya itu yang perlu dipersiapkan.dan jangan lupa NO HP disiapkan pula

    bagaimana caranya melengkapi data PTK?
    1. masuk ke padamu.siap.id. atau klik sini
    2. Aktifkan akun id dengan informasi akun dari formulir S02b


     3. Setelah itu, login lah di akun PTK anda sendiri yang telah diberikan setelah aktivitas akun sebagaimana langkah 2. Kemudian kelik isi data

     4. Nah inilah contoh formulir yang harus di isi dalam melengkapi data PTK. Ada beberapa formulir yang harus diisi secara online. Seperti alamat, data istri/suami, data anak dll. Setiap selesai mengisi formulir kliklah tombol simpan atau lanjutkan yang berada di sebelah kanan bawah setiap formulir. Setiap kolom wajib diisi dengan tepat. Bila ada kolom yang kelupaan, maka sistem tidak akan dapat menyimpan data yang sudah kita ketikkan tadi. Perhatikanlah dengan seksama sehingga tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam pengisiannya.


     5. Bila semua formulir telah terisi, maka pada langkah terakhir dalam melengkapi data PTK ini kita digiring untuk mencetak (ngprint) format S03a, yang nantinya diserahkan kepada admin sekolah untuk melakukan verval level 2 yang kita masukkan sebagaimana pada langkah 1 sampai dengan 4 di atas.

     Nah.... ini yang bisa kita sharing untuk kali ini. Semoga dapat membantu mereka yang akan melengkapi data PTK masing-masing individu.
    Semoga dapat bermanfaat.
    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......