Cara Mengarsir Kolom dan Baris Tabel di Word

    Pada posting terdahulu, telah dibahas prihal mengarsir di microsoft office word. Pada artikel tersebut mengarsir pada shapeS atau bentuk-bentuk seperti lingkaran, segiempat, dan segitiga. Namun, pada pembahasan kali ini dicoba mengetengahkan artikel cara mengarsir sebuah kolom atau baris tabel.

    Mengarsir sel tabel di microsoft word, baik sel-sel kolom maupun sel-sel baris, dapat menggunakan feature : Layout | Properties | Border and Shading | Shading. Lalu lakukan perubahan style parten seperti yang diinginkan.

    Dapat pula mengarsir sel pada tabel microsoft word dilakukan sebagaimana urutan langkah-langkah berikut :

    Perhatikan Gambar Ilustrasi Shading di bawah!

    1. Pilih atau blok sel kolom maupun baris, atapun hanya satu cell saja dari sebuah tabel yang akan diarsir, kemudian klik kanan mouse pada sel yang diblok tadi, terus klik item Border and Shading.

    2. Ilustrasi Seleksi Kolom atau Baris
    3. Pada dialog Border and shading , Pilih tab Shading .
    4. Kolom fill ubah warnanya untuk mendapatkan warna background dari arsiran (dicontohkan warna hijau green). Pilih No color bila ingin membiarkan warna background tetap putih.
    5. Lalu pada bagian Patterns pada kotak Style pilih bentuk arsiran sesuai dengan jenis arsiran yang diinginkan. Dicontohkan Dk. Grid.

    6. Ilustrasi Shading
    7. Setelah itu klik OK.

    Sel bagian tabel yang disorot/block tadi sudah diarsir. Lakukan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan hasil atau bentuk arsiran yang dinginkan.
    Silakan melakukan eksplorasi lebih jauh.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......