Pengertian, Tanda dan Gejala Orang HIV dan AIDS

    Sebagai bentuk kepedulian dalam membangun masyarakat yang sadar HIV dan AIDS. Kenapa ini penting, sehingga posting tentang pengertian, tanda-tanda dan gejala orang dengan HIV dan AIDS ini ditulis, salah satunya karena sampai saat ini belum ditetapkan sebuah ramuan atau komposisi obat untuk menyembuhkan orang yang menderita AIDS, di samping karena dari tahun ke tahun jumlah jumlah penderita HIV maupun AIDS kian bertambah banyak. Karena alasan tersebutlah maka posting sederhana ini dibagikan. Semoga dengan mengetahui pengertian, tanda-tanda dan gejala orang dengan HIV dan AIDS ini, kita semua dapat sadar dan mengambil bagian dalam upaya bersama untuk Bali bebas HIV/AIDS pada khsususnya dan Indonesia pada umumnya. Baiklah posting kita kali ini sebagaimana terurai seperti di bawah ini.

    Pengertian, Tanda, dan Gejala HIV/AIDS

    Pengertian HIV/AIDS

    HIV adalah singkatan dari Human Immunodevisiency Virus, maksudnya virus yang menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia. HIV dapat menyebabkan AIDS, dengan menyerang sel darah putih yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh manusia rusak atau terganggu, yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari serangan penyakit.
    AIDS sendiri adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Artinya sindrom yang terjadi karena ditemukan penurunan kekebalan tubuh, merupakan dampak dari perkembangbiakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Virus HIV membutuhkan waktu untuk sindrom AIDS yang disebabkan oleh menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki dan sudah dirusak oleh virus HIV. HIV/AIDS membuat penderitanya meninggal.

    Tanda-tanda Orang yang Sudah Sampai pada Tahapan AIDS

    1. Berat badan menurun lebih dari 10% dalam waktu singkat.
    2. Demam tinggi berkepanjangan lebihd ari satu bulan.
    3. Diare berkepanjangan (lebih dari 1 bulan), selain itu terdapat gejala-gejala tambahan berupa:
      • Kelainan kulit dan iritasi (gatal)
      • Infeksi jamur opada mulut dan kerongkongan,
      • Pembengkakan kelenjar getah being di seluruh tubuh seperti leher, dibawah teliga, ketiak, dan lipatan paha.
      Itulah berbagai penyakit yang dapat ditularkan secara seksual.
  1. AIDS tidak dituarkan melalui:
    1. Makan dan minum bersama atau pemakaian alat makan minum secara bersama.
    2. Pemakaian fasilitas umum secara bersama-sama.
    3. Ciuman, senggolan, pelukan, dan kegiatan sehari-harinya.
    4. Lewat keringat, gigitan nyamuk.

    Gejala-gejala Orang yang Terjangkit HIV/AIDS

    Orang dengan HIV Positif masih dapat bekerja dan melakukan aktifitas seperti biasa dengan baik, jika sudah menjadi AIDS maka gejala-gejala akan muncul dengan berbagai bentuk, semua penyakit akan masuk satu persatu sampai menggerogoti tubuh dan akhirnya tidak dapat bertahan. Gejala-gejala tersebut diakibatkan oleh adanya penurunan daya tahan tubuh sehingga kuman/flora normal dalam tubuh dapat menimbulkan sakit (infeksi oportunistik). Gejala-gejala lain akibat penurunan daya tahan tubuh yaitu toxolda, mosis otak, candidiasis (jamur), dan lain-lain.

    Nah.... itulah secarik posting sederhana yang tentang pengertian, tanda dan gejala orang HIV dan AIDS. Semoga tulisan sederhana ini dapat menambah pengetahuan kita semua tentang HIV dan AIDS sehingga tidak ada lagi stigma-stigma di masyarakat bagi ODHA (orang dengan HIV AIDS).Semoga.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......