Contoh Teks Deskriptif Tema Lingkungan

    Teks / paragraf deskriptif adala paragraf yang mendeskripsikan sebuah situasi atau keadaan. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Atau secara singkat paragraf deskripsi bisa diartikan sebagai paragraf yang isinya menggambarkan suatu objek sehingga sehingga pembaca bisa seolah-olah melihat dan merasakan apa yang tertulis dalam paragraf tersebut.

    Berikut contoh teks deskriptif,  berjudul SAMPAH 

    Musim hujan berkisar antara bulan Juni s/d Januari tiap tahunnya di Indonesia. Walaupun secara relatif tidak sepenuhnya benar secara keseluruhan. Hujan merupakan proses alamiah dari sirkulasi air di alam raya. Di bulan tersebut, banyak orang yang kerepotan dalam menghadapi musim hujan. Mulai dari rumah bocor, talang air tersebut, genangan air di jalan, dan lain sebagainya. Keluhan panas yang setahun, pupus dalam hujan sehari. Orang-orang pada mulai membicarakan situasi ini. Beberapa aktivitas terkendala pelaksanaannya karena hujan, dan lain sebagainya.

    Berbicara hujan, akrab kemudian berbicara banjir. Salah satu pemicu banjir adalah volume air terlampau tinggi, sehingga memenuhi suatu kawasan yang daya serapnya tidak sebanding. Disamping itu, selokan yang tersumbat dapat menyebabkan banjir.

    Sampah, adalah barang umum menyebabkan selokan/saluran air tersumbat. Walaupun masalah sampah sudah menjadi cerita lama, namun kesadaran masyarakat untuk memperlakukan sampah lebih bijak, belum juga terwujud. Regulasi yang ada dan fasilitas yang dipersiapkan oleh pemerintah, khususnya pemerintah daerah, belum dapat memecahkan masalah sampah ini secara signifikan.

    Petugas kebersihan "tukang sapu" di jalanan sudah digerakkan. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah sudah disiapkan, dan sudah  beroperasi. Kendaraan pengangkut sampah dari rumah-rumah penduduk dan fasilitas-fasilitas umum pun sudah dioperasikan. Namun, sampah tetap saja menjadi masalah klasik yang menghiasi wilayah yang sudah dibilang modern ini.

    Sampah, barang bekas yang mudah disisihkan, namun tidak mudah dipecahkan. Solusi terpilih dalam penanganan sampah nyaris tanpa hasil maksimal, kalau tidak mau dibilang gagal.

    Nah.. apakah paragraf di atas sudah memenuhi sebuah teks deskriptif ?
    Silakan dianalisa dan diteliti lebih lanjut.
    Terima kasih.
    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......