Cara Cetak dengan Kertas F4/Folio di Adobe Reader

    Mencetak Ukuran F4 file Pdf - Secara umum, ketika akan mencetak dokumen pdf dari adobe reader, otomatis dokumen telah terseting dalam ukuran atau size kertas A4 kuarto. Namun, terkadang kita perlu mencetak dokumen pdf tersebut dalam ukuran kertas legal/folio atau tepatnya F4.

    Maksudnya adalah ketika kita akan mencetak dokumen PDF di atas kertas F4 memang bisa saja dicetak langsung, namun, dokumen akan tercetak menggantung. Atau dalam bahasa lain, ada bagian kertas pada sisi bawah yang lumayan cukup lebar dalam keadaan kosong. Tentunya hal itu tidak manis bila dilihat. Sisa kertas kosong tersebut menjadi mubazir, dan terbuang sia-sia.

    Pertanyaan kemudian muncul, yaitu dapatkah kita mencetak dokumen PDF adobe reader dengan kertas folio F4 dengan komposisi yang baik?
    Jawabannya, Bisa. Penjelasannya, adalah sebagai berikut!

    Mencetak ukuran kertas F4 file Pdf
    Mencetak ukuran F4 file Pdf

    Langkah-langkah mencetak file PDF pada kertas F4 atau folio.

    1. Pada program adobe reader Anda : Klik menu file | print
    2. Kemudian cari Page setup
    3. Pada page setup, ubah paper size ke Legal, atau pilih kertas F4 bila Anda sudah mempunyai setting ukuran kertas F4 di komputer Anda.
    4. Beri tanda pada radio bottom Custom scale. Ubah value yang 100% ke 90%
    5. Klik Print.

    Berdasarkan pengalaman hasil cetak dokumennya sudah cukup layak, namun apabila didapat hasil cetak yang belum proporsional, ubahlah angka 90 pada custom file ke angka yang lebih kecil, misal 85,ke angka yang lebih besar misalnya 93 atau yang lain.


    Jangan lupa centang di shring document 

    Demikianlah cara singkat dan benar ketika ingin mencetak ukuran F4 file PDF taau folio. Semoga tulisan sederhana ini dapat membantu Anda.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......