Cara Membuat Tulisan Bergerak di Blog


    Membuat tulisan bergerak di blog maupun di dalam artikel blog sendiri, telah banyak ditulis para blogger. Anda dapat mengetikkan Cara Membuat Tulisan Bergerak di Blog, seperti judul di atas di perambah. .Meskipun demikian,kali ini ditulis artikel yang sama. Saya yakin ada perbedaan point of view.

    Pada umumnya, membuat teks atau tulisan bergerak di blog itu menggunakan tag marquee, yang penulisan sederhananya <marquee>cantumkan tulisannya disini</marquee>.

    Tag marquee sederhana di atas dapat dimodif dengan atribut-atribut, seperti dari perilaku tulisannya bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya, dan lain-lain. Nah..... di artikel ini, beberapa atribut-atribut itulah yang dipaparkan.

    Penulisan atribut-atribut tersebut secara sederhana dapat digambarkan sebagai <marquee atribut="masukkan value"> tulisan yang bergerak </marquee>. Atau <marquee atribut="value">.........</marquee>. Atribut yang dimasukkan bisa lebih dari satu.


    Ilustrasi Penulisan Marquee

    Atribut-atribut tersebut adalah sebagai berikut:

    Direction
    Direction ini menunjukkan arah gerak tulisan. Valuenya:
    • up untuk gerak dari bawah ke atas
    • down untuk gerak dari atas ke bawah
    • right untuk gerak dari kiri ke kanan
    • left untuk gerak dari kanan ke arah kiri
    Behavior
    Behavior ini menunjukkan perilakunya. Seperti:
    • alternate, untuk gerak mondar mandiri (bolak balik kiri kanan)
    • scroll, untuk gerakan menggulung. Misalnya bergerak ke arah kanan, maka begitu seterusnya akan berulang lagi bergerak dari sisi kiri ke kanan
    • slide, sebuah garakan yang dimulai dari sisi kiri atau kanan, dan kemudian berhenti di sisi kanan ataupun kiri
    Width dan Height
    Width, adalah atribut untuk mengukur lebar bidang dari kiri ke kanan dari gerak tulisan. Width valuenya bisa berupa px, atau prosen (misal: 100px atau 100%). Untuk height adalah ukuran tinggi dari bidang gerak marquee yang dibuat, valuenya seperti value width bisa satuan px maupun prosen.
    Latar Belakang
    Latar belakang atau dengan atribut "bgcolor atau background color" merupakan warna latar dari bidang gerak marquee. Isinya berupa kode-kode warna HTML (misalnya:#000000, #ff0000, #fff000, dll, atau dalam bahasa css seperti:"blue, green, cyan, red, dll)
    Contoh Marquee
    Scrip HTML Marquee di atas

    Demikian dulu, cara membuat tulisan bergerak di blog. Ada beberapa hal yang belum ditulis di artikel ini secara keseluruhan. Ada Bagian lain, yang akan ditulis pada artikel selajutnya. Oh ya, jangan lupa kunjungi Contoh penerapan marquee. Dan satu lagi, tulisan yang bergerak bisa diganti menjadi gambar (image). Salah satu caranya bisa dibaca di Gambar bergerak di blog

    Terima Kasih

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......