Pilih Printer Epson Atau Canon Yang Lebih Baik?

    Printer mana yang lebih baik antara Epson dan Canon? Pertanyaan ini terkadang membuat saya bingung menjawabnya. Karena pada dasarnya kedua pilihan dari merk printer di atas adalah sama (berdasarkan pengalaman sendiri). Walaupun sama, namun ada beberapa perbedaan. Perbedaan inilah yang membuat kedua printer tersebut di atas perlu dipertimbangkan dalam membelinya.

    Baik Canon maupun Epson, merupakan printer yang sudah terkenal di jagad raya, tidak perlu disangsikan lagi keunggulannya, dari berbagai seri kedua printer tersebut. Pertanyaan kemudian muncul. Antara keduanya yang mana dipilih?
    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari saya berikan ilustrasi paparan sebagaimana berikut ini

    Printer Canon maupun Epson mempunyai banyak seri. Setiap seri dari kedua merk printer tersebut mempunyai perbedaan spesifikasi (dalam bahasa umum: peruntukan. Secara umum,printer berdasarkan peruntungakkanya dibedakan dalam 3 ketegori, yaitu printer kantoran / office, printer grafis, printer kasir.

    Printer kantoran/office, maksudnya printer yang kegunaannya untuk kebutuhan kantor. Misalnya untuk mencetak dokumen-dokumen, seperti surat-surat, dan sejenisnya. Pada era sekarang, printer kantoran juga dilengkapi dengan kemampuan mencetak gambar berupa grafik, ataupun foto. Kemampuan mencetak gambar (khususnya foto) pada printer kantoran kurang baik, karena speisifikasinya lebih kepada mencetak dokumen-dokumen saja.

    Printer grafis, maksudnya printer yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan grafis. Grafis dalam hal ini seperti mencetak gambar, majalah, mencetak foto, sticker, kartu nama, dan lain-lain. Keutamaan dari printer grafis ini adalah besarnya nilai resolusi yang diberikan atau disediakan, dan pemilihan tinta dengan kualitas yang baik.

    Printer kasir, maksudnya printer yang digunakan untuk kebutuhan mencetak billing atau struk penjualan di toko-toko,misalnya di supermarket, minimarket, dan toko-toko yang menggunakan sistem billing, atau program kasier dalam menangani penjualan.

    Ketiga tipe printer tersebut mempunyai dpi yang berbeda-beda sesuai dengan peruntukkan. Makin tinggi dpi-nya, umumnya harga printer akan makin mahal. Coba Anda browsing Google lebih jauh tentang DPI, sehingga pemahaman lebih complate.

    Pilih Mana??

    Sebelum membeli sebuah printer, kenali dulu kebutuhan Anda. Untuk kebutuhan apa printer tersebut? Bila untuk mencetak dokumen seperti surat, skripsi, tugas-tugas berupa teks (tulisan), maka pertimbangkan untuk membeli printer kantoran. Bila untuk mencetak gambar/foto yang lebih dominan, maka belilah printer dengan spesifikasi grafis. Dan seterusnya kalo untuk mencetak struk, pertimbangkan untuk membeli printer kasier.

    Hal Harga

    Pengalaman memberitahukan bahwa:

    1. Bila harga printer se-type relatif murah, maka harga tersebut akan diimbangi dengan harga maintenant berupa pembelian chatridge/head. Usia sebuah chartridge/head sangat tergantung dengan cara pemakaiannya. Bagaimana cara memakai printer agar awet chatridge? Hal itu akan dibahas pada kesempatan lain.
    2. Bila harga printer yang setype lebih mahal, maka biaya maintaint-nya lebih murah. Biasanya printer model ini umur chartridge/head lebih awet, atau usia head lebih lama.

    Dengan uraian paparan di atas, dapatkah anda memutuskan yang mana akan dipilih? Mudahan-mudahan dapat ditentukan dengan lebih bijak. Memang harga menunjukkan kualitas.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......