Move Tool Photoshop

    Mengenal fitur-fitur photoshop dapat memudahkan pengguna software tersebut dalam berkreasi mengolah gambar maupun photo yang diinginkan. Fitur-fitur itu bisa berupa menu-menu yang dapat membantu mempercepat proses Oldig , termasuk option bar, layout, dan pallate-pallate yang telah disiapkan, disamping shortcut yang ada.


    Floating Menu

    Fitur move tool, misalnya merupakan salah satu feature floating menu yang disediakan adobe photoshop. Di layout photoshop secara default terletak melayang di bagian sebelah kiri monitor. Fungsi dari move tool ini adalah untuk mengaktifkan layer yang ada di dokumen dan memindahkan layer atau menggeser layer-layer tersebut.

    Bila dikombinasikan dengan tombol ALT di keyboard, move tool dapat digunakan mengcopy layer, dengan klik tekan geser. Dan bila Anda hendak menggabungkan layer/foto ke dalam satu dokumen berbeda, maka move tool ini dapat digunakan untuk mendrag layer bersangkutan ke dokumen yang diinginkan.

    Move_tool_photoshop
    Move tool Option bar

    Untuk mengaktifkan move tool ini cukup dengan menyentuh huruf V di keyboard atau dengan mengklik iconnya di floating menu berupa tanda segitiga hitam kecil berekor tanda panah menyilang.

    Yang perlu mendapat perhatian saat menggunakan move tool ini adalah value atau variabelnya di option bar. Perhatikan bagian yang diberi tanda centang pada gambar di bawah ini!


    Move tool Value

    Beri tanda centang pada Auto-Select (group/layer) untuk dapat memilih layer secara mandiri. Maksudnya, dari beberapa layer yang ada di dokumen photoshop, Anda secara bebas dapat mengaktifkannya dengan mengklik tepat di atas layer bersangkutan.

    Dan ... beri tanda centang juga pada Show Transform Control.
    Bila option ini diaktifkan, maka pada layer yang aktif atau dipilih akan muncul seperti bingkai dengan garis putus-putus dengan segiempat kecil di bagian ujung dan tengah layer. Dengan itu kita dapat memutar layer -layar photoshop bersangkutan ke arah tertentu yang diinginkan.

    Tanda panah pada keyboard dapat menjadi alternatif untuk menggeser layer sedikit, dan dipadukan dengan tombol SHIFT bila hendak menggeser dengan jarak yang lebar.

    Demikian tentang Move Tool, kenalilah fungsi fitur photoshop dengan intensif untuk memudahkan Anda berkreasi.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......