Cara Ubah Font Default MsWord

    Sahabat, kali ini Sekar ingin berbagi lagi tentang tips dan trick MsWord 2007, kali ini cara ubah font default Microsoft Office Word.

    Nah, semua pasti udah tau, kalau kita membuka Microsoft Word, secara default huruf (font) tersetting di "calibri" pada office 2010 dengan font size 11. Coba perhatikan pada ribbon di atas lembar kerja.

    Klik home, dan pada group font terlihat jenis font atau nama font yang terseting serta ukurannya atau sizenya. Sementara Untuk kebutuhan pembuatan laporan secara umum, semisal syarat font untuk skripsi, huruf yang dipakai adalah "Times New Roman" dengan size font 12. Tentunya, kita harus mengubah settingan font tersebut.

    ubah font default microsoft word
    Cara Ubah font Default Microsoft Word

    Bisa pula kita mengubah secara fundamental atau secara default type font-nya agar kita dapat mengetik tanpa lagi memikirkan font yang tercetak.

    Di samping itu pula, apabila kita merubah huruf itu setelah mengetik,tidak jarang akan terjadi perubahan khususnya pada penataan halaman, apalagi bila ada ilustrasi berupa gambar atau insert gambar di lembar kerja tersebut.

    ubah font default microsoft Word
    Kotak Pengaturan Font

    Ok langsung, ikuti langkah berikut ini.

    1. Aktifkan Font dialog, dengan shortcut ctrl d.
    2. Ketik pada kolom font nama bentuk huruf/font. Dapat juga dengan menggulir mouse atau menggeser slidernya ke atas atas bawah. Cari nama font yang diinginkan.
    3. Pilih style yang diinginkan, reguler, italic, bold, atau bold italic.
    4. Di kolom size isikan ukuran yang diinginkan "12" atau ukuran lain yang diinginkan
    5. Drop down bar font color untuk menentukan warna font, tinggal diklik panah kecil yang terletak di kanan bar, kemudian underlinestyle untuk memberi garis pada bawah tulisan, dengan berbagai variasi yang disediakan.
    6. Pada bagian "effect" dibiarkan sedemikian rupa
    7. Ini yang paling penting dari langkah merubah default font pada MsWord. yaitu: pada bagian bawah font dialog ada pilihan tombol "Default" "OK" "Cancel".Kliklah Default untuk menjadikan settingan yang kita pilih pada langkah 2 sampai 6 di atas, kemudian diikuti dengan mengklik tombol OK. Maka setalah langkah 7 ini, setiap kita membuka MsWord secara default lembar kerja akan terformat dengan font "time new roman" style : reguler, size: 12.
      Dan, jika kita hanya mengklik tombol Ok saja tanpa terlebih dahulu mengklik tombol default, maka setingan yang kita lakukan tadi hanya berpengaruh pada lembar kerja yang sedang aktif saja.

    Nah, itu yang dapat sharing tentang cara mengubah font default, kali ini.
    Semoga bermanfaat

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......