3 Keuntungan Mengatur Page Setup Sebelum Mengetik

    Sebelum kita memulai mengetik, wajib kita tahu tentang ukuran kertas, margin, serta spasi dari dokumen microsoft word yang akan kita susun. Sehingga sebelum memulai bekerja di lembar kerja Ms Word, baiknya kita mengatur ukuran kertasnya, margin, dan spasi dari lembar kerja yang akan kita pakai terlebih dahulu .

    Mengatur margin di sini maksudnya adalah mengatur jarak dari tepi tulisan. Jarak tepi dari sebuah lembar kerja, dinyatakan dalam 4 sisi,yaitu : top, bottom, right, dan left. Itu menyatakan besar jarak dari tepi atas, bawah, kanan dan kiri kertas atau lembarkerja kita.

    Ini penting sekali. Makanya Pada tutorial kali ini, Sekar akan berbagi 3 keuntungan mensetting margin lember kerja atau dokumen di Word. Tiga keuntungan ini dapat memangkas waktu ketika menata lembar kerja tersebut.

    Apa keuntunganya?

    Keuntungan

    Keuntungan dari mengatur margin lembar kerja sebelum memulai mengetik adalah:

    1. Mendapat margin (batas tepi lembar kerja) baik atas, bawah, kiri dan kanan lembar kerja sesuai kebutuhan.
    2. Efektifitas waktu kerja. Mengatur margin lembar kerja setelah selesai pengetikan dokumen, biasanya lebih ribet dibanding bila kita melakukan pengaturan margin seperti langkah pertama tadi terlebih dahulu,atau sebelum mulai mengerjakan dokumennya. Jauh lebih efisien dengan waktu kerja.
    3. Gambaran Layout yang jelas. Bila pengaturan dilakukan di awal, kita mempunyai gambaran dari layout atau tampakan lembar kerja dokumen yang berkenaan dengan tampilan hasil kerja apabila lembar kerja akan dicetak.

    Bagaimana cara mengatur margin lembar kerja

    Pertama-tama, tentunya kita buka dulu MsWord. Membuka program microsoft office word, ada setidak-tidaknya tiga cara.Ketiga cara membuka dan menutup program microsoft office word bisa dilihat pada artikel cara membuka microsoft office word di windows.

    Setelah terbuka, secara default, MsWord telah menampilkan sebuah lembar kerja dengan ukuran kertas dan margin yang otomatis dalam keadaan default yaitu size letter, dengan margin 1,54 merata di atas, bawah, kiri dan kanannya dengan satuan ukuran dalam satuan inch.

    Gambar Pagesetup
    Ilustrasi Pengaturan Margin

    Kemudian langkah kedua, klik page layout pada menu bar, kemudian klik margins | costume margins . Apabila benar akan muncul page setup dialog seperti gambar di sebelah. Tentukan satuan ukuran yang ingin dipakai (inch, cm, mm, dll) dan tentukan pula besarannya. Artikel tentang cara mengubah satuan pengukuran di Word, bisa dilihat di cara merubah ukuran inch ke cm di microsoft Word.

    Top untuk menentukan jarak tulisan (text) dari tepi atas kertas, left menentukan jarak text dari tepi kirinya, bottom menentukan jarak dari tepi bawah dan right menentukan jarak dari kanan. orientasi untuk menentukan orientasi lembar kerja. (potret : posisi tegak, dan landscape : posisi melintang). Preview untuk melihat pengaturan lembar kerja yang akan kita buat. Langkah terakhir, kliklah OK.

    Bila pengaturan seperti yang tersebut di atas, mau kita tetapkan sebagai default baru dari MsWord, maka kliklah tab default yang terletak di kiri bawah dari page layout dialogue. Perhatikan ilustrasi pagesetup di atas!. Bila muncul dialogue lain, klik saja ok/yes.

    Penjelasan lebih lanjut dan terang benderang mengenai margin baca artikel cara mengatur margin (page setup) di Word. Saya yakin, artikel tersebut dapat menambah pengetahuan dan referensi Anda.
    Nah, itu tips tentang 3 keuntungan mensetting margin lembar kerja di Word.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......