Membuat Page Border/Bingkai Halaman di MsWord

    Kali ini kita mencoba berbagi tips Microsoft Word yaitu tentang membuat page border atau bingkai halaman. Pada bahasa selanjutnya disebut page border biar sesuai dengan istilah yang dipakai di office Word itu sendiri.

    Page Border
    Page Border

    Membuat page border di word tujuannya adalah membuat tampilan lembar kerja kita semakin menarik, khususnya pada bagian cover karya tulis atau laporan. Pada karya tulis atau laporan, cover luar yang berisi judul tersebut, akan tampak lebih seni dan indah bila buatkan page border. Dengan adanya page border atau garis sekeliling halaman, cover laporan itu, terkesan mantap.

    Berbicara cara membuat page border, banyak variasi bisa kita pakai baik dari segi bentuk (type), ketebalan garisnya dan pengaturan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jiwa seni kita. Cara membuat page border bisa dilihat pada bagian bawah artikel ini

    Catatan:

    Sebelum membuat page border, alangkah baiknya Anda melakukan Pengaturan Margin/Page setup terlebih dahulu. Disamping itu ukuran kertas perlu diperhatikan. Apakah menggunakan ukuran A4 atau Ukuran Kertas F4? Ini penting, untuk mendapatkan penataan yang lebih tepat.

    Membuat page border/bingkai halaman di Microsoft Office Word® dapat dilakukan dengan cara berikut!

    Perhatikan gambar Page Border di bawah!

    Page Border Bingkai halaman
    Langkah Membuat Page Border

    Langkah pertama dan kedua membuat page border/bingkai halaman di Microsoft Word, adalah sebagaimana ditampilkan pada gambar di atas. Setelah langkah di atas, langkah selanjutnya sebagai berikut.

    • Setelah klik page layout | pageborder sebagaimana diuraikan pada paragraf di atas, maka akan muncul pageborder dialog sebagaimana gambar di bawah ini.
      Page Border Bingkai halaman
      Page border dialog
    • Aktifkan pageborder bar dengan mengkliknya, kemudian lakukan beberapa perubahan pada parameter atau ukuran-ukuran tertentu pada pageborder dialog. Nah, berikut penjelasan dari parameter yang ada pada gambar page border dialog di atas
    1. Setting: merupakan model yang ingin dibuat. Bagian ini dapat dibaikan karena secara otomatis nantinya terpilih bersamaan saat kita memilih jenis page border yang diinginkan. Namun, bila Anda ingin melakukan setting ini, berikut beberapa penjelasannya.
      • none = tanpa page border
      • box = page border berbentuk kotak
      • shadow = page border dengan bayangan
      • 3D = page border berbentuk 3 dimensi
      • Custome = kostum
    2. Style: merupakan jenis garis yang dapat dipilih atau dipakai saat membuat page border. Di bagian ini ada beberapa pilihan bentuk garis. Garis putus-putus, garis tunggal, garis tunggal dengan ketebalan yang bervariasi, Garis ganda, dll.
    3. Color : merupakan tempat memilih warna garis yang dikehendaki. Ada banyak pilihan warna yang bisa dipakai.Cobalah bereksperimen sendiri dengan berbagai pilihan warna yang ada. Tersedia juga setting warna yang dapat dipilih sendiri dengan bantuan costum color.
    4. Art : merupakan tempat memilih bentuk-bentuk bingkai yang secara default disediakan oleh Microsoft, dalam hal ini office word. Bentuknya dapat dipilih sesuai selera. Eksplorasilah sendiri.
    5. Apply to: Maksudnya adalah page border itu disetting untuk seluruh halaman atau pada halaman petama saja, atau semua halaman kecuali halaman pertama, atau pada halaman tertentu yang tengah aktif, dan lain-lain. Eksplorasilah di bagian ini dan perhatikan apa yang terjadi!
      Border option dialog
    6. Option. Bagian ini berisi pengaturan tentang margin dan measure (jarak). Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama! Margin dan measure from ini satu sama lain berhubungan. Namun yang lebih diperhatikan adalah measure from. Ada dua pilihan Edge of page : artinya dari pinggir halaman/kertas, atau text : yang artinya tulisan. Lakukanlah eksplorasi pada pengaturan margin dan measure ini dan lihat apa yang terjadi!.
    Page Border Bingkai halaman
    Pilihan End of Page dan End of Text

    Bagaimana penjelasan membuat page border/bingkai halaman di MsWord kali ini? Sebenarnya, ada cara membuat page border sederhana tanpa menggunakan cara ini. Cara lain membuat page border itu, adalah Anda cukup membuat sebuah bentuk segiempat. Garis segiempat itu ada dengan beberapa pilihan style-line. Lebih lanjut tentang bagaimana membuat bentuk segiempat di word, dapat Anda simak di tutorial saya tentang Cara Membuat Bentuk Segitiga, segiempat atau lingkaran. Semoga dapat dimengerti dan dipahami.Semoga ulasan sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda.
    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......