PKP Pemantapan Kemampuan Profesional

    PKP PGSD

    PKP merupakan modul terakhir dari mata kuliah Pendidikan Dasar Jenjang S1 PGSD di Universitas Terbuka. Mata kuliah PKP ini, diberikan untuk membimbing mahasiswa dalam menerapkan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas dalam kegiatan pengembangan yang dikelolanya sendiri. Tulisan ini menyoroti fenomena tugas PKP pada mahasiswa PGSD Universitas Terbuka

    Berdasarkan Buku Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional yang merupakan buku pegangan mahasiswa S1 PGSD di Universitas Terbuka dinyatakan bahwa, "Tujuan dari Program PKP, seperti artinya Pemantapan Kemampuan Profesional, ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan profesional yang lebih baik sebagai guru/pendidik pada lembaga sekolah dasar". Dengan demikian, PKP diberikan dengan maksud agar peran dan kemampuan mahasiswa diharapkan menjadi lebih tinggi dari guru pemula.

    Secara lebih jelasnya, dalam buku pegangan PKP itu juga dijelaskan bahwa, adapun melalui kegiatan PKP ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dan kebiasaan menerapkan PTK dalam hal:

    1. Menemukan, menganalisis, dan merumuskan permasalah kegiatan pengembangan yang dilakukan;
    2. Menentukan alternatif perbaikan kegiatan pengembangan berdasarkan masalah yang ditemukan;
    3. Merancang perbaikan kegiatan pengembangan;
    4. melaksanakan perbaikan kegiatan pengembangan secara efektif, termasuk melakukan evaluasi proses dan hasil dari perkembangan anak;
    5. Menemukan kelebihan dan kekurangan diri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan melalui kegiatan refleksi yang dilakukan;
    6. Memanfaatkan temuan dalam suatu kegiatan pengembangan untuk perbaikan kegiatan berikutnya;
    7. Mempertanggungjawabkan tindak perbaikan kegiatan pengembangan secara ilmiah, yang dikemas dalam bentuk laporan tertulis dengan mengikuti aturan penulisan karya ilmiah.

    Dari uraian di atas, jelas sekali tersirat dan tersurat, bahwa selepas mengikuti pendidikan dasar S1 PGSD di Universitas Terbuka, diharapkan mahasiswa atau guru menjadi tenaga profesional dan dapat berperan secara profesional dalam melakukan tugas dan kewajibannya sebagai seorang guru.

    Sebagai guru yang profesional tentunya dapat menerapkan kompetensi-kompetensi yang telah diperoleh dari proses perkuliahan. Peningkatan Kemampuan Profesional di sini terutama didasarkan pada keluasan dan kedalaman wawasan yang dimiliki oleh guru sebagai landasan dalam mengambil keputusan, baik keputusan situasional ketika merencanakan kegiatan pengembangan maupun keputusan transaksional ketika melaksanakan kegiatan pengembangan.

    Bagaimana kalo mahasiswanya dalam menyelesaikan tugas PKP ini dengan bantuan orang lain, bahkan membeli?

    Mungkin copy paste tugas-tugas kuliah pada zaman sekarang sudah lumbrah dan umum. Lantas dihubungkan dengan panduan modul yang tadi, masih bermanfaatkan mata kuliah PKP digelontorkan?
    Menurut hemat Sekar, masih perlu dan sangat perlu,cuma bagaimana menumbuhkan semangat mahasiswa untuk tergerak mengacu pada tujuan dan harapan diberikannya mata kuliah PKP itu sendiri. Apalagi pada standar pendidikan bagi guru minimal S1 dan adanya sertifikasi guru, tentunya hal ini menjadi sesuatu yang penting. Bukan hanya ijasahnya saja yang telah memenuhi standar kompetensi S1, akan lebih baik, jika diikuti dengan kemampuan yang setara dengan ijasahnya bersangkutan sehingga dalam mengikuti PLPG guru atau mahasiswa bersangkutan dapat mengikutinya dengan sebaik-baiknya.

    Tulisan sederhana ini bukan untuk menilai materi kuliahnya melainkan hanya menguraikan sisi lain dari kehidupan mahasiswa dalam mengikuti PKP di S1 PGSD
    Terima kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......