PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) Mengapa Takut?

    Banyak teman-teman guru yang "ketakutan" dalam mengikuti PLPG. Mereka banyak yang bingung bahkan pusing "stress" memikirkan PLPG ini. Tapi tidak jelas mereka takut tidak lulus ataukah mereka takut karena mereka merasa tidak layak? Mereka merasa tidak layak menjadi guru yang profesional?
    Dari  pada bingung mari kita baca dulu kutipan di bawah ini, siapa tahu bisa menghibur rekan-rekan guru.

    PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) merupakan sebuah langkah maju yang dilatarbelakangi oleh adanya perubahan pada faktor global dan kondisi pendidikan nasional yang stagnan sehingga mendorong pemerintah untuk melakukan upaya-upaya perbaikan dan dinamisasi ke arah perkembangan yang lebih baik. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah yaitu dengan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru melalui program Sertifikasi Guru.

    Upaya peningkatan Mutu Guru tersebut kemudian dilakukan melalui upaya peningkatan profesionalisme guru. Guru dikatakan profesional jika memenuhi tiga kriteria :

    1. Pertama: Kualifikasi akademik yaitu bahwa seorang guru setidaknya harus berijazah sarjana S1 atau D4.
    2. Kedua: Kompetensi yaitu bahwa seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial.
    3. Ketiga: Sertifikasi yaitu bahwa seorang guru harus memiliki sertifikat profesi yang dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru lewat penilaian portofolio yang merupakan proses dan bentuk pengakuan atas pelbagai pengalaman profesional guru selama berkarier sebagai guru.

    PLPG bertujuan untuk meningkatkan kompetensi gur u. Pelaksanaan PLPG mengintegrasikan teori dan praktik serta internalisasi nilai-nilai keagamaan secara inhern artinya para peserta PLPG dikondisikan sedemikian rupa sehingga sepulang mengikuti PLPG para peserta benar-benar merasa mengalami perubahan berarti dibanding sebelum mengikuti PLPG.

    Nah... itu inti dari dilaksanakannya PLPG. Jadi, kalau Anda merasa memenuhi tiga kriteria guru yang dikatakan profesional, maka jangan takut untuk mengikuti PLPG tentunya Anda akan lulus dengan baik. Bila tidak lulus, berarti Anda sebaiknya instrospeksi diri adakah yang kurang dari ketiga kriteria di atas?

    Sumber : disini
    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......