4 cara terbaik memblok | Seleksi microsoft Word

    Membuat seleksi atau memblok di Word merupakan artikel yang membahas tentang cara melakukan seleksi atau memblok bagian kalimat di Microsoft Office Word. Seleksi atau dalam bahasa lainnya "select" adalah tindakan memilih sesuatu khususnya "karakter" di word. Karakter di word bisa berupa huruf maupun tanda baca atau pungtuasi, termasuk spasi di dalamnya.

    Pada pembahasan tentang shortcut di posting terdahulu, di sana telah tersurat tentang cara cepat melakukan seleksi yaitu dengan shortcut "Ctrl + A" yaitu melakukan seleksi terhadap semua karakter yang ada pada suatu lembar kerja. Shortcut itu membantu typewriter mempercepat pekerjaan mengetiknya. Untuk shortcut yang lain silakan baca kembali artikel 25 + 1 shortcut terpopuler dapat juga di mengenal shortcut Word. Untuk lebih lengkapnya silakan berkunjung ke situs microsoft office.

    Membuat Seleksi di Word
    Ilustrasi seleksi

    Kembali ke pembahasan tentang seleksi. Ketika akan menyeleksi atau blok di Microsoft Office Word dapat dilakukan dengan beberapa cara. Mungkin Anda sudah tahu beberapa cara untuk melakukan seleksi tersebut. Namun, tidak ada salahnya diuraikan lagi di sini, semoga dapat menambah wawasan Anda tentang seleksi.
    Adapun cara yang dapat dilakukan untuk melakukan seleksi di word antara lain :

    1. Gerak Mouse
    2. Cara ini mungkin cara yang paling umum dilakukan, dimana kursor diletakkan di sebelah kiri atau kanan karakter yang akan diseleksi. Seperti namanya gerak mouse, dengan sambil menekan, mouse digerakkan ke arah karakter yang hendak diseleksi. Model seleksi ini mungkin saja merupakan cara menyeleksi karakter yang paling umum dilakukan. Mari kita lanjutkan ke cara kedua.
    3. Double Klik Mouse.
    4. Cara ini masih jarang digunakan, apalagi oleh para pemula. Menurut pengamatan, cara seleksi dengan double klik mouse ini masih langka dipraktekkan. Seperti namanya, seleksi dilakukan dengan doubleklik mouse. Perlu diperhatikan, bahwa cara ini digunakan apabila mau memilih satu kata tertentu dan atau satu paragraf saja. Perhatikan kalimat di bawah.
      Apabila akan melakukan seleksi terhadap satu kata, letakkan kursor pada kata bersangkutan, kemudian lakukan "dua kali klik mouse, maka kata tersebut akan terseleksi.
      Bila dilakukan tiga kali klik" maka yang akan terseleksi adalah satu paragraf.
    5. Shift + End
    6. Cara seleksi ini bisa dipergunakan bila ingin melakukan seleksi terhadap karakter mulai dari bagian tertentu pada baris kalimat ke arah kanan halaman lembar kerja dalam satu baris (line).
      Langkah ini bisa dikombinasikan dengan menambah tombol "ctrl" sehingga menjadi "Ctrl + Shift + End". Silakan Anda mencoba dan melihat apa yang terjadi.
    7. "Shift + Home"
    8. Bila ingin melakukan seleksi mulai dari bagian tertentu dari kalimat ke arah tepi kiri lembar kerja dalam satu baris. Sebagaimana pada uraian item ketiga di atas, cara ke-4 ini dapat pula dikombinasikan dengan "Ctrl". sehingga menjadi "Ctrl + Shift + Home".
      Kemungkinan apakah yang akan terjadi? Silakan Anda praktikkan dan amati yang terjadi.

    Demikianlah, yang dapat diurakan tentang beberapa cara melakukan seleksi di microsoft office. Sebenarnya masih ada beberapa lagi cara yang dapat dilakukan dalam melakukan seleksi, tidak hanya empat cara tersebut di atas, masih ada beberapa yang lain. Nah cara seleksi lain ini akan dibahas pada posting-posting yang keberikutnya.
    Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
    Terima Kasih.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......