Cara ubah Ukuran Kertas Letter ke A4 di Word

    Artikel berikut ini adalah tentang cara membuat ukuran dokumen menjadi A4 di word. Artikel ini merupakan sebuah tutorial singkat yang bertujuan untuk memberikan referensi cara mengubah default ukuran kertas dari letter ke A4 di Microsoft Office Word.

    Sebelum masuk ke inti artikel, mari kita brainstroming sejenak tentang ukuran kertas atau ukuran dokumen di word secara default-nya. Dimana secara default lembar kerja atau dokumen kerja microsoft office word tersetting dengan ukuran kertas letter. Kemudian, pada saat penulisan skripsi atau laporan dan makalah, disarankan untuk menggunakan ukuran kertas A4.

    Oleh karena itu, kita harus mengubah setting kertas atau lembar kerja dari letter ke ukuran kertas A4. Untuk mensetting ukuran kertas sebuah dokumen bisa dilakukan pada saat dokumen itu aktif atau terbuka di microsoft word.

    Nah... artikel ini akan memaparkan cara mengubah ukuran lembar dokumen word itu secara default. Secara sederhana bisa dikatakan artikel ini berbicara tentang cara mengubah ukuran kertas (letter) ke ukuran A4 secara default.

    Mari kita lanjutan..........

    Membuat Ukuran Kertas A4 Menjadi Default

    Langkah membuat ukuran kertas A4 secara default, secara umum sama dengan cara melakukan page setup. Bedanya hanya pada beberapa langkah akhir saja.

    1. Bukalah microsoft office word.
    2. Kemudian Klik Pagelayout | Custom Margin | Margin
    3. Perhatikan gambar di atas
    4. Klik Paper (panah 1). Kemudiann Klik panah kecil pada menu drop down pada paper size dan pilih A4 (Panah 2)
    5. Kemudian Kliklah DEFAULT (panah 3)
    6. Terakhir klik Ok untuk eksekusi terakhir.

    Nah itulah artikel tutorial sederhana ini tentang cara ubah default ukuran kertas letter ke A4 di Word. Dengan mengaplikasikan tutorial ini, dapat membantu menghemat waktu bagi para typewriter atau juru ketik maupun sekretaris.

    NB:

    Mungkin pembaca masih bingung, apa yang dimaksud dengan default. Beberapa kali dalam artikel ini dan artikel-artikel yang lain disebutkan kata default. Berkenaan dengan itu, perlu diberi sedikit penjelasan, bahwa Default maksudnya adalah setting bawaan software.

    Setelah kita melakukan perubahan tertentu pada value maupun type pada setting bawaan software, maka setiap kita mengaktifkan program microsoft word, secara otomatis settingan atau perubahan-perubahan yang kita lakukan terhadap software word tersebut yang tampil. Secara sederhana bisa dikatakan merubah setting bawaan software dengan setting yang kita butuhkan atau inginkan.

    Sebagai contoh dalam mengubah huruf / font calibri ke times new roman secara default, maka setiap kita membuka microsoft word, maka font yang terpasang adalah times new roman bukan calibri lagi. Begitu pula berlaku pada perubahan-perubahan yang kita lakukan pada value maupun type lainnya di microsoft word secara default.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......