Mengenal Nama Jari dalam Bahasa Bali

    Belajar bahasa bali, tidak lengkap bila tidak mengenal nama-nama dari jari tangan dalam bahasa Bali. Jari-jari tangan kiri (kiwa/kebot) dan tangan kanan (kenawan) dalam bahasa bali disebut Jeriji. Nah jeriji ini pada tangan yang sehat ada lima. gambar jari tangan

    Perhatikan gambar ilustrasi!

    .

    Secara umum jari manusia ada lima, atau dalam bahasa lebih sederhana tangan manusia memiliki 5 jari.
    Pada artikel ini, Kita tidak bicara tentang fungsi dari jari-jari itu. Atau tanda-tanda yang dapat dicari benang merahnya dari garis/guratan jari tangan terhadap karakter atau sifat bawaan manusia. Tetapi, dalam artikel pendek ini, kita akan membicarakan tentang nama-nama jari pada tangan manusia dalam bahasa Bali.

    Pada posting terdahulu, telah dibahas tentang nama-nama hari dalam bahasa Bali. Untuk menambah pengetahuan Anda dalam belajar bahasa Bali, saya hadirkan artikel sederhana ini.

    Mari kita masuk ke pokok artikel. Jari-jari tangan dalam bahasa Bali seperti disinggung di atas disebut Jeriji. Jeriji yang ada lima ini dalam bahasa bali adalah sebagai berikut:

    Bahasa IndonesiaBahasa Bali
    Jempol / Ibu JariInan Lima
    TelunjukTujuh / Lek
    Jari tengahLinjong
    Jari Manismanis
    KelingkingKacing

    Nama jeriji dalam bahasa Bali, bila diperhatikan beberapa ada yang mirip bila dicarikan literaturnya dalam bahasa Indonesia. Seperti jari manis yang di Bali hanya disebut Manis. Demikian, artikel singkat tentang nama jari dalam bahasa Bali. Artikel tentang bali yang lain, akan diposting pada kesempatan mendatang.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......