Nama Bulan Bali

    Nama Bulan Bali pada artikel ini adalah menguraikan tentang pembagian tahun menjadi dalam bulan-bulan yang dipakai secara tradisional di Bali. Perlu diketahui, bahwa perhitungan 1 bulan dalam kalender Bali adalah mengikuti peredaran bulan mengelilingi bumi. Tanggal 1 bulan bersangkutan, dimulai 1 hari setelah bulan gelap penuh (tilem> atau sering disebut purwani, dan berakhir sampai 1 hari menjelang gelap penuh selanjutnya(atau 1 hari sebelum bulan gelap penuh)atau panglong. Maka dari peredaran bulan tersebut, hari dalam 1 bulan dibagi dalam 2 kelompok yaitu panglong dan penanggal.

    Panglong adalah kelompok hari terang (bulan menuju penuh/purnama), dan penanggal adalah kelompok hari gelap (bulan mulai menghilang perlahan-lahan). Mungkin kedua penjelasan dari dua istilah panglong dan penanggal yang diuraikan di atas, membuat Anda bingung. Ya... memang perhitungan bulan atau Sasih di bali menggunakan perhitungan muncul dan tenggelamnya bulan di langit. Untuk lebih jelasnya silakan berkunjung ke situs ini.

    Kembali ke nama bulan atau sasih pada kalender Bali, berikut akan dijabarkan secara sederhana berdasarkan sumber wikipedia.

    1. Kaesa
    2. Karo
    3. Katiga
    4. Kapat
    5. Kalima
    6. Kanem
    7. Kapitu
    8. Kawulu
    9. Kasanga
    10. Kadasa
    11. Jiesta
    12. Sadha

    Demikian, semoga posting sederhana ini dapat memberikan preview tentang nama bulan Bali.


    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......