doPDF perangkat lunak Pengubah File ke PDF

    Link download DOPDF disediakan di akhir artikel ini. doPDF adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengubah berbagai macam file menjadi format PDF. doPDF merupakan versi sederhana dari NovaPdf (1).

    Menggunakan doPDF, piranti ini sangat membantu kita saat hendak mengubah macam-macam file ke dalam format pdf. Dalam kata lain, atikel ini berjudul Cara mudah membuat file PDF, yaitu artikel yang menjabarkan tentang cara membuat file PDF dari berbagai format file.

    Tidak hanya format, text (.txt, .word), tetapi format gambar, jpg, TIFF, PNG atau format gambar yang lain ke format PDF.

    File format PDF,merupakan sebuah file text yang secara umum tidak dapat diubah atau diedit, kecuali dengan bantuan editor tersendiri.

    File dengan format PDF hanya dapat dibaca atau dibuka dengan program-program PDF reader. Salah satu program pembaca file PDF adalah Adobe Reader (2).

    Adobe reader, merupakan program atau software besutan dari adobe, yang dapat anda gunakan secara gratis. Bila Anda belum memiliki adobe reader, silakan Anda download (2) softwarenya dan install. Anda sangat membutuhkan software ini, karena jika tidak, Anda tidak bisa membuka file PDF di komputer maupun laptop Anda.

    Kembali ke pokok pembahasan kita. Yaitu piranti lunak atau software mengubah berbagai macam file ke dalam PDF. Pada artikel ini, Anda direferensikan menggunakan DOPDF. Sebuah program printer virtual, yang dapat membantu Anda dalam mengubah semua file Anda ke format PDF. OS yang support program DOPDF ini adalah sebagai berikut.

    1. Windows 8/8.1
    2. Windows 8/8.1 (64-bit)
    3. Windows 7
    4. Windows 7 (64-bit)
    5. Windows Server 2012
    6. Windows 2008 Server
    7. Windows 2008 Server (64-bit)
    8. Windows Vista
    9. Windows Vista (64-bit)
    10. Windows 2003 Server
    11. Windows 2003 Server (64-bit)
    12. Windows XP SP3 (32-bit)

    doPDF mewajibkan Anda untuk menginstal .NET framework

    Cara Menggunakan DOPDF dalam Membuat File PDF

    Membuat file PDF dari Dopdf sangat mudah. Karena karakter dari doPDF sebagai virtual printer, sehingga saat kita ingin membuat file PDF dari program apapun, asalkan mempunyai fiture atau menu print,maka doPDF dapat diterapkan.

    Adapun caranya kurang lebih sebagai berikut:

    1. Instal DOPDF di komputer Anda
    2. Link download softwarenya disediakan di akhir artikel.Setelah terinstal kliklah start|control panel | Printer and Hardware | Printer and Fax. Bila benar maka Anda akan melihat ada printer baru disana yaitu DOPDF.Langkah ini hanya mengecek keberhasilan instalasinya.
    3. Buka file Anda yang akan diubah ke format PDF.
    4. Bila itu dokumen, bukalah di microsoft word, atau sejenisnya. Atur file dokumen Anda. Atur Margin atau page setup(3), spasi, dan lain sebagainya.
      Bila file Anda adalah gambar dalam format tertentu, bukalah pada piranti perangkat lunak yang bersesuaian/compatible. Lakukan proses pencetakan atau print. Setelah print dialog muncul kliklah properties pilih DOPDF. Kemudian klik print. Perhatikan gambar ilustrasi tampilan dopdf berikut.
    5. Bila dua langkah penggunaan doPDF di atas, maka akan muncul tampilan sebagaimana gambarberikut.

      Perhatikan perjelasan berikut,sebagai langkah penting dalam mengubah file ke bentuk atau format PDF menggunakan DOPDF ini

      1. Browse merupakan tempat memilih directory atau tempat penyimpanan hasil,baik dari file dokumen maupun gambar menjadi PDF. Ganti tulisan yang berada di sebalah kiri dari ekstensi (.pdf) dengan nama file yang Anda kehendaki.
      2. always use this folder, maksudnya adalah bahwa setiap Anda menggunakan piranti/software maupun program DoPDF, maka secara otomatis file pdf hasil convertnya akan disimpan di folder yang Anda pilih ketika melakukan browse tadi. (Perhatikan langkah a diatas)
      3. Open PDF Reader. Bila Anda memberi tanda checklist (centang)pada fiture ini, maka ketika file dokumen maupun gambar Anda telah berhasil diformat menjadi PDF, secara otomatis file pdf hasil convert tersebut akan dibuka di program pdf reader(4) default komputer Anda.
      4. High quality image, maksudnya adalah bahwa file pdf hasilnya merupakan file dengan kualitas yang tinggi/bagus
      5. stay on top, maksudnya adalah bahwa layout atau gambar di atas, akan tampil diatas program lain yang aktif di desktop Anda.

      Demikian, cara secara umum langkah-langkah dari pengguna doPDF,ketika kita akan mengubah berbagai macam file menjadi format PDF. Perangkat/piranti atau software yang mudah dipakai,dan salalu berhasil (alies tidak pernah eror)

      Mungkin Anda perlu membaca Membuat file word / dokumen menjadi pdf

      Demikian secara keseluruhan tentang DOPDF sebuah piranti lunak pengubah file ke PDF gratis yang dapat dimanfaatkan atau digunakan ketika akan mengubah berbagai format file menjadi format PDF.

      Satu catatan, file tersebut bila dicetak atau diprint. Hal ini disebabkan karena DOPDF merupakan sebuah virtual printer.
      Seperti janji saya di awal tulisan, silakan Anda download DOPDF dari link berikut ini.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......