Color Balance di Photoshop

    Mengedit foto di photoshop perlu mengenal berbagai feature dari sedemikian banyak feature yang ada di photoshop. Salah satunya yang akan diuraikan dalam artikel ini adalah Color Balance.

    Color Balance

    Menu color balance berfungsi untuk mengatur atau adjusment keseimbangan color (seperti namanya color balance=menyeimbangkan/atau mengatur warna).

    Color balance ini dapat diaktifkan dengan mengklik menu Image -- Adjustments -- Color Balance atau dengan shortcut : Ctrl + B. Di samping sebagai adjustments image, color balance dapat pula dibuat dalam adjustment layer.

    Membuat color balance dalam bentuk adjusment layer, dengan mengklik Layer -- New Adjustment Layer -- Color Balance -- Ok atau dengan klik icon create new fill or adjustments layer di Layer Pallate.

    Hal Penting dalam Pengaturan Color Balance

    Gambar Color Balance
    Gambar Color Balance

    Dari ilustrasi color Balance di atas, yang menjadi hal pokok dalam penggunaan feature color balance ini adalah slider.

    Ada tiga slider kalo dilihat dari ilustrasi di atas. Slider Cyan - Red, Slider Magenta - Green, dan slider Yellow - Blue, yang masing-masing saling berpasangan.

    Image akan lebih cyan apabila slider di geser ke arah cyan. Angka pergeseran slider ditunjukkan dalam kolom color levels tepat di atas slider option.

    Ingat! Klik OK setelah didapat adjustment yang diinginkan.

    Contoh Penggunaan Color Balance

    Gambar Contoh Penggunaan Color balance
    Ilustrasi Penggunaan Color Balance

    Itulah Pengenalan Color Balance photoshop. Dengan memanfaatkan feature ini, akan didapat hasil image atau foto yang lebih baik. Akurasi hasil oldig-nya akan ditentukan oleh jam terbang atau pengalaman penggunaannya.
    Demikian, semoga artikel ini dapat memberi referensi bagi Anda.

    Posted by Teguh De

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......