Cara Membuat Cover CD Sederhana di Photoshop

    Tutorial Adobe photoshop kita kali ini membahas tentang membuat cover CD di Adobe Photoshop. Cover CD atau kulit CD yang menempel dibagian permukaan CD, umumnya mengilustrasikan dari isi CD itu sendiri, dan hiasan-hiasan lain seperti gambar sehingga tampak menarik.

    gambar membuat cover cd di photoshop
    Penambahan Teks/Tulisan pada CD

    Hiasan cover yang menarik akan menambah prestige koleksi CD kita-masihkah ada yang mengoleksi CD di jaman removable disc yang sudah gampang, mudah serta murah?

    Walaupun demikian, membuat cover cd di adobe photoshop akan sangat membantu mereka yang kebetulan membuat tugas-tugas sekolah/kerja dengan softcopy CD. Dengan cover CD ini, hasil kerja kita tampak lebih berkualitas dan profesional. Bukan itu saja, dengan cover dapat mengurangi kemungkinan tertukar dengan CD-CD yang lain.

      Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi mari kita mulai langkah membuat cover CD di photoshop.
    1. Bukalah adobe photoshop Anda
    2. Photoshop versi berapakah yang terinstal di komputer atau laptop Anda? Jangan takut! Membuat cover CD ini tidak mensyaratkan versi software, alias Photoshop Versi berapapun boleh-boleh saja.
    3. Siapkan kertas Cover CD (label) yang akan kita gunakan. Kenapa menyiapkan kerta cover CD masuk ke langkah kedua?
      Karena kita membutuhkan ukuran atau size dari kertas CD tersebut. kita wajib mengetahui ukuran kertas tersebut untuk keperluan pembuatan pola. Ukurlah kertas sedemikian rupa sehingga di dapat ukuran dan komposisi yang presisi untuk membuat disains cover CD-nya nanti.Ukurlah dari tepi ke tepi label CD secara horisontal dan vertikal.
      Gambar Cover CD
      Membuat lembar Kerja
    4. Buatlah dokumen baru di Adobe photoshop dengan Ctrl + N, atau dengan menu File | New.
    5. Setelah mendapat ukuran label CD seperti langkah ke-2 di atas dan ubahlah beberapa parameter yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran kertas label CD tadi. Kemudian ekskusi Ok. Kemudian buatlah beberapa garis bantu yang dibutuhkan untuk mendapat lingkar CD lebel yang presisi.
    6. Di dokumen baru buatlah garis bantu
    7. Langkah selanjutnya adalah membuat lingkaran dengan menggunakan marque tool (M). Tekan tarik mouse (perhatikan garis bantu yang telah dibuat tadi). Setelah mendapatkan besaran yang sesuai lepaskan mouse. Maka kita lihat garis semut. Klik kanan mouse dan pilih Make workpath (garis semut akan berubah jadi garis solid).
      Dari langkah ke-4 ini, kita baru mendapat bidang lembar cover CD saja. Garis path yang terbentuk merupakan lingkaran dari kertas CD label yang kita pakai.
      Gambar Cover CD
      Workpath Batas tepi CD
    8. Tambahkan gambar yang diinginkan.
    9. Bila menginginkan ada gambar di cover cd, bukalah gambar yang Anda inginkan. Gabungkan gambar yang Anda inginkan ini ke dalam dokumen cover CD tadi. Atur sedemikian sehingga tampak manis perhatikan pula komposisinya. Potonglah bagian gambar yang berada di luar lingkaran workpath yang kita buat tadi. Caranya kliklah path di layer Pallet dan aktifkan path yang ada! Klik kanan mouse kemudian sorot klik make selection. Kemudian aktifkan layer pallet. Aktifkan layer yang akan dipotong, aktifkan marque tool (M) Klik kanan mouse, kemudian lakukan make layer from copy.Perhatikan layer baru yang terbentuk!

      gambar membuat cover CD
      Cara menambah gambar pada CD
    10. Tambahkan teks atau tulisan
    11. Atur dan tata tulisan seindah mungkin sesuai selera.Jangan lupa mencantumkan hal-hal penting yang berhubungan dengan konten atau isi dari CD itu sendiri. Jadi,teks di sini merupakan informasi yang berhubungan dengan isi CD.

    Nah.. itulah langkah membuat cover CD di Adobe photoshop yang dibagikan kali ini. Setelah langkah ke-6 di atas, pasanglah kertas label CD Anda di printer.Jangan lupa untuk melakukan beberapa settingan sesuaikan dengan size kertas yang kita pakai pada properties printer dialog. Ya... pada paper size pilihlah costum ubah ke ukuran kertas Label CD seperti pada langkah kedua di atas
    Setelah selesai dan tempelkanlah karya kita tadi di atas permukaan CD dengan benar.

    Bila semua sudah selesai, kita tinggal mengisi CD tersebut dengan file atau dokumen yang kita inginkan. Sudah tahu cara memindahkan file ke CD? Ada beberapa cara memindahkan file ke CD. Salah satu caranya dilakukan burn dengan Nero atau software burning lain atau bisa juga dengan cara mengcopy paste file.

    Sebagai hasil dari tutorial ini, bisa dilihat contohnya di sini
    Semoga tutorial membuat cover CD di adobe photoshop ini dapat bermanfaat.

    Posted by Teguh De

    1 komentar:

    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      BalasHapus

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......