Cara Mencetak Foto di Photoshop

    Ketemu lagi dalam tutorial photoshop. Pada kali ini kita coba membahas tentang mencetak pas foto di adobe photoshop. Pas foto mempunyai ukuran 3 x 4 misalnya. Atau ukuran lain yang mempunyai dimensi panjang x lebar.

    Pas foto umumnya disebut juga Foto Setengah Badan. Untuk kebutuhan tertentu komposisi foto diambil lebih dominan di bagian wajah, yang sering disebut dengan pasfoto 70% wajah. Foto ini umumnya digunakan untuk kebutuhan pembuatan visa atau paspor.

    Gambar Cara Mencetak Foto
    Ilustrasi Crop Ukuran Pasfoto

    Berdasarkan warna latarnya, pas foto ada yang berlatar belakang merah, biru, hijau, kuning, putih, dll tergantung kebutuhan yang disesuaikan dengan suatu syarat administrasi foto itu sendiri.

    Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika akan mencetak pasfoto. Salah satunya adalah mengenai ukurannya. Ukuran foto berapa yang kita butuhkan. Apa itu, 3 x 4, 4 x 6, atau yang lebih kecil lagi 2x3? Mengenai ukuran foto ini lebih jauh lagi, dapat diketahui dengan membaca artikel saya yang lain yang khusus membahas tentang Ukuran Foto. Tentu didalamnya disinggung pula tentang ukuran pas foto.

    Sebelum lanjut pembahasan tentang cetak pasfoto, ketahui dulu tentang ukurannya

    Disamping tentang ukuran, kita harus tahu juga tentang cara membuat ukuran pasfoto. Pada umumnya membuat ukuran foto dengan cara crop. Dengan crop kita dapat membuang bagian-bagian yang tidak dibutuhkan dalam foto, juga dapat menyeimbangkan komposisinya.

    Saya kira dua pengetahuan yang disebut di atas, dapat dijadikan kemampuan atau keterampilan serta referensi bagi kita untuk dapat cetak pas foto. Dengan dua postingan tersebut, kita mendapatkan gambaran jelas tentang cara mengcrop atau memotong foto di photoshop serta semua tentang ukuran pasfoto.

      Kembali ke masalah cetak pasfoto dengan di photoshop, dapat dijabarkan sebagai berikut:
    1. Bukalah foto yang akan dicetak di photoshop!
    2. Crop atau potong foto tersebut sesuai ukuran yang dikehendaki! Bila ukuran foto sudah didapat, selanjutnya membuat lembar kerja / dokumen baru.
    3. Atur ukuran kertas akan dipakai mencetak. Pada gambar ilustrasi di bawah ukuran kertas dipakai 10,16 x 15,24 cm atau ukuran 4R. Klik OK!!
    4. Langkah berikutnya adalah, drag and drop. Drag foto yang disiapkan tadi ke lembar kerja yang baru dibuat dengan cara mengaktifkan move tool atau keyboar V, kemudian klik pas foto itu dan tahan geser ke lembar kerja baru. Perhatikan ilustrasi di bawah!
    5. Setelah foto berada di bidang lembar kerja baru, maka copylah layer foto itu sejumlah banyaknya foto yang ingin kita cetak. Tata sedemikian rupa sehingga saat memotongnya mendapat bidang yang bersesuaian. .Perhatikan gambar ilustrasi di bawah!
    6. Gambar Cara Mencetak foto di Photoshop
      Ilustrasi Lembar Kerja
    7. Nah setelah langkah tadi, pas foto sudah siap dicetak. Bila dicetak di tempat jasa pencetak foto digital, misalnya di FDI, simpan file -umumnya dalam format jpg-di tempat semestinya (hardish), kemudian copy paste-kan ke flasdish atau CD kemudian Siap dikirim ke jasa pencetak foto.

    Bagaimana cara memindahkan file ke CD bisa dibaca di postingan kita tentang Cara memindahkan file ke CD dengan nero. Atau kita juga bisa memindahkannya dengan cara copy paste

    Ok itulah tutorial kita kali ini tentang cetak pas foto dengan adobe photoshop.
    Semoga dapat membantu.

    Posted by Teguh De

    2 komentar:

    Masukkan komentar dan atau pertanyaan .......