SEKARINGIDEP: Cara menjumlah angka dalam tabel di Word 2007

Masukkan kata kunci untuk pencarian

Loading...

Sunday, 11 August 2013

Cara menjumlah angka dalam tabel di Word 2007

Cara menjumlah angka dalam tabel di Word 2007. Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang cara membuat tabel di microsoft office Word, bagi yang pingin tahu cara membuat tabel di MsWord bisa dilihat ditautan ini.

Masih banyak orang yang bingung menjumlahkan angka-angka pada tabel di Microsfot Office Word. Mereka masih menggunakan kalkulator untuk membantu menjumlahkan angka-angka tersebut. Nah untuk memudahkan dalam menjumlah angka dalam tabel, maka saya mencoba membuat tutorial sederhana ini, di samping untuk menjawab pertanyaan teman tentang cara menjulah angka dalam tabel di Word. Pada posting kita kali ini, kita mencoba untuk berbagi tentang menjumlah angka dalam tabel di Word 2007. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.
1. Perhatikan tabel yang telah kita buat yang sudah berisi angka-angka yang akan kita jumlah. Sebagai ilustrasikan perhatikan Gambar 01 di bawah!.
2. Klik format >> formula.

Gambar 1 : Menjumlah angka dalam tabel
Sebelum dijumlahkan, bagian yang diblock warna kuning pada Gambar 01 di atas masih kosong. Nah... setelah kita klik formula pada formating bar seperti langkah 2, kita akan dibawa pada formula dialog sebagaimana gambar di bawah.

Gambar 2. Menjumlah angka dalam tabel

3. Perhatikan Gambar 02 di atas, Bila ingin menjumlah angka di tabel secara vertikal, maka pilihlah =sum(above)  Bila ingin menjumlahkan angka di tabel ke arah kiri atau kanan maka pilihlah =sum(left) atau =sum(right). Dari contoh table di atas, maka sesuai dengan langkah-langkah yang kita tempuh tadi maka didapat hasil penjumlahan angka dalam tabel secara vertikal (ke atas). Perhatikan bagian yang diblock kuning dari gambar di bawah.
Gambar 03. Menjumlah angka dalam tabel


Catatan:
  • Penulisan angka mengikuti format penulisan dalam bahasa inggris. Misalnya: penulisan ribuan menggunakan tanda koma (,) bukan titik (.) seperti dalam bahasa Indonesia. Begitu pula untuk bilangan juta dan seterusnya. 
  • Bila menggunakan tanda titik pada pemisahan ribuan dan seterusnya maka dibaca sebagai angka desimal.
  • Perhatikan Gambar 03 di atas. Perhatikan perbedaan hasil penjumlahan yang diperoleh karena yang satu menggunakan titik (.) dan yang satu lagi menggunakan koma (,) dalam penulisan ribuan dan seterusnya.
Nah, itu tutorial singkat tentang menjumlah angka dalam tabel di Word 2007.
Semoga dapat bermanfaat.
Terima kasih.


No comments :